Manfaat Bawang Merah dan Daunnya

 Kesehatan

Semua orang tahu bahwa bawang merah merupakan salah satu bumbu terpenting dalam meracik sebuah masakan. Namun, tak banyak yang tahu bahwa bawang merah juga berkhasiat untuk kesehatan. Uniknya, tak hanya bawang merah saja, daunnya pun juga sangat bermanfaat bagi pengobatan berbagai penyakit. Manfaat bawang merah dan daunnya memang belum sepopuler bahan-bahan herbal lainnya, tetapi hal tersebut tidak menjadikan pengobatan menggunakan bawang merah menjadi sedikit peminatnya. Khasiat yang sangat bagus membuat bawang merah menjadi pilihan pengobatan alternatif selain obat-obatan kimia. Selain bermanfaat untuk kesehatan, bawang merah juga bisa dipakai untuk bahan perawatan rambut seperti menghilangkan ketombe dan menyuburkan rambut.

Sebagian besar masyarakat memanfaatkan umbi bawang sebagai bahan masakan, namun ternyata bagian dan dan tangkai bunganya juga bisa dimanfaatkan sebagai penyedap masakan. Bawnag merah memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin seperti vitamin C, asam folat, serat, kalsium, dan zat besi. Bawang merah juga mengandung minyak atsiri, sikloaliin, metialiin, dihiroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati. Selain itu, di dalam bawang merah juga terdapat zat yang dapat mengatur hormon auksin dan giberilin secara alami. Dengan berbagai macam kandungan tersebut, sangat wajar bila bawang merah dipakai sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional karena senyawa antiseptic alliin yang terkandung di dalamnya bersifat anti-mikroba dan bakterisida.

1

Terkait dengan manfaat bawang merah dan daunnya, berikut ini adalah uraian khasiat dari bawang merah secara lengkap. Manfaat di bawah ini didapat dari kandungan yang telah diuraikan di atas.

  • Menurunkan risiko diabetes karena bawang merah mentah yang dikonsumsi secara rutin bisa meningkatkan produksi insulin.
  • Menurunkan kadar kolesterol dengan cara menjaga kolesterol baik di dalam tubuh.
  • Mengontrol tekanan darah bila dikonsumsi tanpa dimasak, bisa dengan cara dijus. Bawang merah mengandung quercetin yang mampu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan produksi darah, dan mengurangi kemungkinan penyakit stroke jantung.
  • Mengatasi wasir karena dapat menghentikan pendarahan dan mengurangi rasa nyeri pada dubur.
  • Meredakan sakit tenggorokan dengan cara diolah menjadi jus lalu diberi tambahan jahe dan madu.
  • Menyembuhkan sembelit karena kandungan serat yang mampu membantu mengeluarkan toksin atau partikel makanan yang sulit dicerna oleh usus.
  • Mencegah tumbuhnya sel kanker karena kandungan sulfur mampu melindungi tubuh dari pembesaran usus.
  • Mengurangi risiko gangguan hati dan penyakit coroner lainnya karena mampu mengendalikan darah tinggi dan membuka aliran darah yang tersumbat.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, manfaat bawang merah dan daunnya juga berkhasiat bagi rambut. Bawang merah yang telah dijus dan dioleskan secara merata pada rambut dipercaya bisa mengatasi berbagai permasalahan pada rambut seperti rambut rontok, menumbuhkan rambut, infeksi yang terjadi pada kulti kepala, dan mengatasi ketombe pada rambut. Untuk mengatasi rambut berketombe, Anda bisa mencampurkan jus bawang merah dengan lemon dan madu. Sedangkan untuk mengatasi rambut rontok, bisa mencampurkan jus bawang merah dengan hot coconut oil. Ramuan tersebut tinggal dioleskan pada rambut sambil dipijat ringan.

Related Posts