Lokasi dan Keindahan Pantai Parangtritis

 Pariwisata

Anda jelas tidak asing dengan pantai parangtritis bukan? Kalo jaawaban anda belum, masa iya anda kalah dengan orang – orang asing? Mereka saja sering berkunjung ke pantai parangtritis, masa anda belum? Untuk anda yang ingin tahu lebih dalam tentang lokasi dan keindahan pantai parangtritis, ikutilah terus pembahasan kali ini.

Artikel kali ini dibuat dengan judul lokasi dan keindahan pantai parangtritis, siapa tahu dengan membaca artikel kali ini, anda memiliki refrensi liburan anda bersama orang – orang tercinta. Parangtritis merupakan salah satu pantai di Yogyakarta yang sangat terkenal. Pantai ini tidak hanya terkenal di Indonesia akan tetapi sudah sampai ke mancanegara. Tuh kan, masa anda kalah dengan turis? Hhe. Dimana letaknya? Pantai Parangtritis terletak di Kabupaten Bantul, sekitar 25 kilometer dari Kota Yogyakarta ke arah selatan. Pantai ini sangat mudah di akses karena banyak sekali bus yang beroperasi di jalur ini maupun taksi yang siap mengantarkan anda sampai ke pantai Parangtritis ini. Waduuh,, mudah sekali bukan aksesnya? Bukan hanya akses yang mudah yang menjadi keunggulan pantai ini. Lalu apa lagi?

2

Lokasi dan keindahan pantai parangtritis selain mudah di akses juga di pantai ini terdapat kisah misteri nyai roro kidul… hiiii,, untuk anda yang senang mendengar dunia mistis, cobalah berkunjung ke pantai ini! Pantai parangtritis memang terkenal sebagai tempat pelaksanaan upacara labuhan yang di adakan oleh Keraton Yogyakarta tiap waktu tertentu. Upacara labuhan merupakan wujud syukur masyarakat Yogyakarta khusunya para nelayan atas ‘berkah laut kidul’ yang telah di berikan kepada mereka. Dalam upacara ini dilakukan larungan terhadap berbagai macam persembahan yang ditujukan kepada penguasa laut kidul yaitu nyai Roro kidul yang di percaya masyarakat telah memberikan kesejahteraan dan keselamatan dalam mencari rejeki di laut kidul. Bagaimana? Menguji adrenalin bukan? Cukup membicarakan hal mistis, sekarang kita lanjut ke pembahasan yang memaparkan berbagai keindahan pantai ini.

Parangtritis terkenal dengan suasana pantainya yang akan terlihat lebih indah saat matahari terbenam (sunset) jadi tak heran, karena banyak para wisatawan yang rela untuk menunggu sampai sore demi menyaksikan sang mentari tenggelam di pantai ini. Karena memang hanya sunset lah yang bisa di saksikan dari pantai ini karena matahari terbit (sunrise) terhalang oleh pegunungan di sebelah timur parangtritis. Meskipun begitu, lokasi dan keindahan pantai parangtritis yang mudah dijangkau dan memiliki keindahan saat matahari terbenam, perlu dan wajib anda coba saat waktu liburan anda dating. Tidak hanya sunset nya, disini terdapat fasilitas transportasi tradisional yaitu bendi (kereta yang di tarik oleh kuda). Fasilitas ini menawarkan jasa bagi wisatawan untuk menyusuri pantai dengan nyaman dari atas bendi tanpa harus merasa capek karena berjalan. Bagaimana guys? Cukup membuat anda penasaran tidak? Daripada anda penasaran, sebentar lagi kan anda memasuki waktu liburan, cobalah berlibur dengan keluarga dan orang orang tercinta, penulis yakin kepenatan dan kejenuhan anda di masa sekolah/ saat anda bekerja akan hilang seketika.

Related Posts