Pengertian Open Source Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Di dalam teknologi komputer terdapat istilah open source. Apa itu open source? Apa pula pengertian open source menurut para ahli adalah? Open source software (perangkat lunak sumber terbuka) atau biasa disebut juga dengan free software (perangkat lunak bebas) merupakan suatu program yang lisensinya atau izinnya memberikan kebebasan pada pengguna untuk menjalankan program, mempelajari, memodifikasi, dan mendistribusikan penggandaan program asli atau yang telah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti atau gratis kepada pengembang program tersebut sebelumnya. Terkadang pengertian open source atau free software ini masih menimbulkan perdebatan. Kata free yang bermakna bebas ini bisa menjadi ambigu, bebas dalam arti gratis atau bebas dalam arti pengguna berhak memakai sebebas mungkin dalam pendistribusian programnya.

Karena keambiguan pengertian open source tersebut, beberapa ahli mendefinisikan open source ke dalam beberapa hal yang lebih rinci agar bisa dipahami dengan lebih baik. Berikut ini rincian pengertian open source yang dimaksud.

4

  • Open source berarti bebas dalam memakai software sesuai kebutuhan dan keinginan pengguna dengan teknis yang tepat.
  • Open source memberikan kebebasan untuk memiliki software yang ada dan berhak untuk mengimprovisasi, memperbaiki bugs, memperbesar fungsi, dan mendokumentasikan pengoperasiannya.
  • Open source adalah kebebasan mendistribusikan software kepada pengguna atau user lain, bisa dengan cara free atau dipungut biaya.

Berdasarkan pengertian open source menurut para ahli di atas yang dirinci sedemikian rupa, termuat kelebihan dan kekurangan dari sistem open source. Kelebihan menggunakan open source adalah legal, menyelamatkan devisa negara, menjaga keamanan negara atau perusahaan, menjaga keamanan sistem, hemat, memberikan hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada kode, serta mencegah dari software privacy yang melanggar hukum. Sedangkan kekurangan dalam pemakaian open source adalah tidak adanya garansi dari pihak pengembang, adanya berbagai masalah yang berhubungan dengan intelektual property, kesulitan dalam mengetahui status project, support berbayar dan langka, versi beta bisa stabil dan tidak stabil, serta cara kerjanya komunitas bukannya kerja secara profesional.

Di dalam bisnis software terdapat yang namanya Hak Paten Software. Sejauh ini, open source software biasanya akan sangat mudah menjadi tujuan serangan dalam hal hak paten ini karena hanya sedikit dari perusahaan source-based yang memiliki kemampuan dalam hal finansial atau keuangan untuk melindungi diri mereka terhadap serangan hak paten dalam penuntutan suatu perkara. Selain itu juga, jika hak paten dimunculkan pada teknologi atau teknik yang sangat luas, kemungkinan ada celah untuk mengakali hak paten tersebut dan menciptakan suatu alternatif paten yang free.

Demikian ulasan mengenai pengertian open source menurut para ahli. Segala hal yang diulas di atas bisa saja akan terus berkembang, mengingat teknologi komputerisasi terus mengalami perkembangan yang tak terduga. Untuk itu, pembelajaran dan penelitian mengenai segala hal yang berkaitan dengan komputerisasi layak dilakukan secara berkesinambungan. Semakin banyak hal yang diciptakan, semakin bertambah pula minat masyarakat pada teknologi yang satu ini. Software sebagai salah satu komponen penting dalam komputerisasi juga harus ikut berkembang.

Related Posts