Pengertian Modem dan Fungsinya Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

               Maraknya penggunaan internet membuat orang-orang memerlukan alat  yang mudah dan cepat agar bisa mengaksesnya. Modem adalah salah satu pilihan yang tepat. Lalu, apa sebenarnya pengertian modem dan fungsinya hingga banyak dicari oleh pengguna internet? Modem adalah singkatan dari modulator atau demodulator. Modulator mempunyai fungsi melakukan proses menghantarkan data dalam bentuk sinyal informasi ke sinyal pembawa (carrier) agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu. Dan proses ini biasa dinamakan dengan proses modulasi. Dalam proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Demodulator mempunyai fungsi sebagai proses untuk mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.

                Pengertian modem dan fungsinya tak akan lengkap tanpa jenis modem. Jenis modem yang beredar saat ini sangatlah beragam. Jenis-jenis modem tersebut bisa dibedakan berdasarkan pemasangan, jaringan, teknologi atau jenis koneksinya.

3

  • Jenis modem berdasarkan pemasangannya ada dua, yakni:
  1. Modem internal merupakan kartu yang dipasang pada slot motherboard. Cara pemasangan modem ini mudah dan harganya relatif lebih murah.
  2. Modem eksternal adalah modem yang dipasang di luar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB.
  • Jenis modem berdasarkan jaringannya ada dua, yakni:
  1. Modem dengan kabel, yaitu modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya.
  2. Modem tanpa kabel, modem yang menggunakan media tanpa kabel sebagai perantaranya.
  • Jenis modem berdasarkan teknologi atau jenis koneksinya ada lima, yakni:
  1. Modem analog, yaitu modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data kemudian mengubahnya menjadi data digital untuk dikirimkan ke komputer, atau sebaliknya.
  2. Modem DSL (Digital Subscriber Line), yaitu modem untuk menerima dan mengirimkan data dengan teknologi digital melalui suatu jaringan terdedikasi – jaringan khusus yang terus-menerus tersedia untuk keperluan internet, yang secara fisik dapat menggunakan kabel telepon.
  3. Modem kabel, yaitu modem yang menerima dan mengirim data internet yang melalui jaringan TV Kabel. Data yang diterima dan dikirim juga berupa data digital dengan kecepatan setara modem DSL.
  4. Modem CDMA, yaitu modem dial up wireless yang bekerja dengan teknologi CDMA (Code Division Multiple Access), misalnya modem CDMA USB atau dapat pula menggunakan telepon genggam CDMA.
  5. Modem GSM, yaitu modem wireless mobile yang bekerja pada jalur komunikasi telepon genggam GSM. Modem ini mendukung layanan GPRS/EDGE atau layanan 3G.

Paparan di atas semakin melengkapi pengertian modem dan fungsinya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai fungsi modem secara umum dan khusus. Secara umum, modem berfungsi merubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Sebuah sinyal digital yang dikirimkan dari komputer diubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem dan ditransmisi melalui kabel telepon untuk dihantarkan ke komputer lainnya dan sebaliknya. Sedangkan secara khusus, modem memiliki fungsi meminimalisasi tingkat kesalahan yang terjadi ketika melakukan transmisi sinyal. Modem juga akan memeriksa informasi yang diterima apakah rusak atau tidak dengan metode checksum. Jika terjadi kerusakan, data tersebut akan dikirim kembali ke tempat asal.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian software , pengertian zakat , pengertian sistem operasi , pengertian modem , pengertian batik , pengertian uang , pengertian statistik , pengertian lan , pengertian geografi , pengertian cerpen , pengertian energi

Related Posts