Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Cerpen atau cerita pendek adalah salah satu karya sastra tertulis dalam bentuk prosa. Cerpen merupakan karya sastra yang lebih banyak diminati karena lebih ringan dan tidak membutuhkan banyak waktu, baik untuk membuat maupun membacanya. Pengertian cerpen menurut para ahli pun beragam dan dari berbagai sudut pandang. Secara sederhana, cerpen adalah cerita yang membatasi diri dalam membahas salah satu unsur fiksi dalam aspeknya yang terkecil. Definisi lain menyebutkan bahwa cerpen adalah prosa yang menceritakan salah satu masalah kehidupan pelakunya sehingga hanya memiliki alur tunggal. Cerpen cenderung padat dan langsung pada tujuannya bila dibandingkan dengan karya-karya fiksi lainnya yang lebih panjang, yakni novel.

                Sama dengan karya sastra lainnya, cerpen juga memiliki unsur-unsur pembentuknya selain pengertian cerpen menurut para ahli. Salah satu unsur pembentuk cerpen adalah unsur intrinsik. Pengertian unsur intrinsik adalah unsur yang terbentuk dari dalam cerita itu sendiri. Unsur intrinsik terdiri atas tema, alur atau plot, penokohan atau perwatakan, latar atau setting, sudut pandang atau point of view, diksi, serta amanat atau pesan. Ketujuh unsur intrinsik tersebut harus terdapat dalam sebuah cerpen agar cerpen menjadi mudah untuk dipahami dan diikuti jalan ceritanya.

8

  1. Tema adalah ide atau gagasan pokok yang menjadi persoalan dalam sebuah cerpen.
  2. Plot atau alur adalah hubungan cerita dari awal sampai akhir dari cerpen secara runtut sehingga menimbulkan cerpen yang runtut. Alur bisa berupa maju, mundur atau maju mundur.
  3. Penokohan atau perwatakan adalah penokohan adalah karakteristik watak pelaku dalam cerpen.
  4. Latar atau setting adalah latar tempat, latar waktu, dan latar suasana dalam sebuah cerpen.
  5. Sudut pandang adalah cara pengarang menceritakan tokoh-tokohnya dalam suatu cerpen.
  6. Diksi adalah cara pengarang cerpen menggunakan bahasa atau pilihan kata yang tepat, indah dan mudah dipahami.
  7. Amanat atau Pesan adalah pesan moral yang hendak disampaikan pengarang cerpen kepada pembaca melalu cerpen tersebut.

                Berikut ini adalah pengertian cerpen menurut para ahli.

  • Menurut Hendy, cerpen adalah kisahan pendek yang mengandung kisahan tunggal.
  • Menurut J.S. Badudu, cerpen adalah cerita yang menjurus dan konsentrasi berpusat pada satu peristiwa, yaitu peristiwa yang menumbuhkan peristiwa itu sendiri.
  • Menurut H.B. Jassin, cerita pendek harus memiliki bagian perkenalan, pertikaian, dan penyelesaian.
  • Menurut A. Bakar Hamid, cerita pendek itu harus dilihat dari kuantitas, yaitu banyaknya perkataan yang dipakai: antara 500-20.000 kata, adanya satu plot, adanya satu watak, dan adanya satu kesan.
  • Menurut Aoh. KH, cerpen adalah salah satu ragam fiksi atau cerita rekaan yang sering disebut kisahan prosa pendek.
  • Menurut Allan Poe, cerita pendek diartikan sebagai bacaan singkat, yang dapat dibaca sekali duduk, dalam waktu setengah sampai dua jam, genrenya mempunyai efek tunggal, karakter, plot dan setting yang terbatas, tidak beragam dan tidak kompleks.
  • Menurut Turayev, cerita pendek adalah bentuk karya sastra naratif, yang menampilkan cerminan sebuah episode dalam kehidupan seorang tokoh. Jadi, secara lebih luas dapat dikatakan bahwa penulis cerpen menampilkan jumlah tokoh yang terbatas, tidak ada perkembangan karakter tokoh dan tidak memiliki latar seperti apa yang terdapat dalam novel.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian software , pengertian zakat , pengertian sistem operasi , pengertian modem , pengertian batik , pengertian uang , pengertian statistik , pengertian lan , pengertian geografi , pengertian cerpen , pengertian energi

Related Posts