Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah geografi sudah bukan lagi hal asing di telinga kita. Sebagai bagian dari salah satu ilmu pengetahuan, geografi telah dipelajari sejak masih kanak-kanak. Pengertian geografi menurut para ahli tentu saja menjadi hal yang juga tidak sulit untuk ditemukan. Ketika ditanya apa itu geografi? Kebanyakan orang akan menjawab geografi adalah ilmu yang berhubungan dengan bumi. Secara harfiah, istilah geografi berasal dari bahasa Yunani geo yang bermakna bumi dan graphein yang bermakna tulisan atau lukisan. Jadi, geografi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari keadaan bumi. Kata melukiskan pada makna graphein mempunyai makna yang lebih mendalam, mencakup unsur-unsur menggambarkan dan menerangkan fenomena (alam dan manusia) sehingga dapat diperoleh suatu kesimpulan terhadap hubungan antarfenomena tersebut.

7

                Untuk lebih menjelaskan mengenai definisi tersebut, berikut ini adalah beberapa pengertian geografi menurut para ahli.

  • Menurut Bisri Mustofa, geografi merupakan ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta basil-basil yang diperoleh dari bumi.
  • Menurut Abler, geografi mengkaji struktur dan proses fenomena dan permasalahan dalam ruang.
  • Menurut Harstone, geografi adalah sebuah ilmu yang menampilkan relitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya, tidak hanya dalam arti perbedaan-perbedaan dalam hal tertentu, tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat, yang berbeda dari keadaanya di tempat lain.
  • Menurut Jhon Alexander, geografi merupakan disiplin ilmu yang menganalisis variasi keruangan dalam veriabel kawasan-kawsandan hubungan antar variabel-variabel keruangan.
  • Menurut Sidney dan Donald J. D. Mulkerne, geografi adalah ilmu pengetahuan tentang bumi dan kehidupan yang ada di atasnya serta pengaruhnya terhadap kehidupan, makanan yang kita makan, pakaian yang kita pakai, rumah yang kita dirikan, dan aktivitas rekreasi yang kita nikmati.
  • Menurut Ferdinand von Richthoven, geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala dan sifat pemukaan bumi dan penduduknya, disusun menurut letaknya, menerangkan baik tentang terdapatnya gejala-gejala dan sifat-sifat itu.
  • Menurut Ullman, geografi adalah interaksi antar ruang.
  • Menurut Halim Khan, geografi adalah apa yang dikerjakan oleh para ahli geografi, lingkungan alam dan sosial adalah objek operasinya, deskripsinya, analisisnya, dan kebiasaan perjuangan hidup manusia untuk mempertahankan hidupnya.
  • Menurut James Fairgrive, geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.
  • Menurut Erastothenes, geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi.
  • Menurut Sasanasurya, geografi adalah ilmu yang mempelajari bumi sebagai tempat tinggal manusia, terikat pada deskripsinya dan menerangkan perbedaan yang ada hubungan timbal balik di atas permukaan bumi.
  • Menurut Claudius Ptolomaeus, geografi adalah suatu penyajian dengan peta dan sebagian pemukaan bumi yang menunjukkan kenampakan umum yang terdapat padanya.
  • Menurut Preston E James, geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing.
  • Menurut Lobeck, geografi adalah suatu studi tentang hubungan-hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya.
  • Menurut Frank Debenham, geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.
  • Menurut Strabo, geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan.
  • Menurut Paul Claval, geografi selalu ingin menjelaskan gejala-gejala dari segi hubungan keruangan.
  • Menurut Prof. Bintarto, geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.
  • Menurut Herioso Setiyono, geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian software , pengertian zakat , pengertian sistem operasi , pengertian modem , pengertian batik , pengertian uang , pengertian statistik , pengertian lan , pengertian geografi , pengertian cerpen , pengertian energi

Related Posts