Pengertian LAN dan Definisi

 Pengetahuan

                LAN merupakan kependekan dari Local Area Network. LAN adalah salah satu jenis jaringan komputer. Apa pengertian LAN dan definisinya? Secara umum, LAN adalah sebuah jaringan internal yang memiliki kapasitas atau radius yang kecil, seperti jaringan komputer kampus, sekolah, kantor, rumah, atau tempat-tempat kecil lainnya. Sebagian besar LAN saat ini berbasis teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan menggunakan perangkat switch yang kecepatannya, tentunya tergantung kepada basis teknologi yang digunakan, sebagai dasarnya paling rendah adalah 10 mbps dan paling cepatnya adalah 1000 mbps. pada sebuah LAN, setiap node atau komputer memiliki daya komputer sendiri. Tiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut bisa berupa data atau perangkat seperti printer.

                Pengertian LAN dan definisi akan dibahas setelah kita mengetahui mengenai jaringan LAN dan keuntungannya. Instalasi LAN pada dasarnya hampir sama dengan pemasangan jaringan internet untuk warnet, yaitu menghubungkan antara komputer dengan perangkat komputer lainnya menggunakan kabel UTP. Setiap komputer yang dihubungkan tersebut bisa digunakan untuk saling bertukan informasi dan bisa menggunakan sumber daya atau resource yang sama. Keuntungan jaringan LAN adalah untuk file sharing (pertukaran file), dapat memakai satu printer yang digunakan untuk seluruh pengguna (printer sharing), data-data yang disimpan pada server dapat diakses oleh semua pengguna dengan LAN sebagai perantaranya, file yang masuk atau keluar dari atau ke server bisa dikendalikan, proses back up data akan menjadi mudah dan cepat, memperkecil risiko kehilangan data yang disebabkan oleh virus komputer, dan komunikasi antar pengguna dapat dilakukan dengan menggunakan chat dan email.

7

                Untuk lebih memperkaya pengetahuan, berikut ini adalah pengertian LAN dan definisi yang dikemukakan oleh para pakar terknologi.

  • Menurut M. Agus J. Alam, LAN merupakan jaringan yang terdiri atas satu komputer (bisa juga perangkat lain) atau lebih, dalam suatu area tertentu.
  • Menurut Prof. Dr. Zuhal, LAN merupakan jaringan komputer yang biasa ditemui sehari-hari, di perkantoran, kampus, atau bahkan di rumah.
  • Menurut Arief Ramadhan, LAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area terbatas.
  • Menurut Madcoms, LAN merupakan jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer yang ada dalam suatu lokasi dengan area yang terbatas seperti ruang atau gedung.
  • Menurut Teguh Wahyono, LAN merupakan jaringan komputer lokal yang mencakup wilayah dengan garis tengah 20 km, yaitu kira-kira seluas daerah kotamadya. Namun pada implementasinya, kebanyakan LAN hanya digunakan dalam satu atau beberapa gedung dalam satu lingkungan saja seperti lingkungan kampus, lingkungan pabrik, dan sebagainya.
  • Menurut Bonnie Soeherman & M. Pinontoan, LAN merupakan jaringan yang terbatas pada ruangan tunggal dalam satu gedung atau menghubungkan beberapa gedung dalam suatu area geografis tertutup.
  • Menurut Silvester Sila, LAN merupakan jaringan telekomunikasi antar perangkat komputer dan perangkat lain dengan cakupan area yang kecil.
  • Menurut Angga Wibowo & Smitdev Community, LAN merupakan jaringan yang bersifat pribadi atau lokal. Jaringan ini umumnya digunakan dalam lingkup yang kecil, seperti dalam suatu kantor atau kampus.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian software , pengertian zakat , pengertian sistem operasi , pengertian modem , pengertian batik , pengertian uang , pengertian statistik , pengertian lan , pengertian geografi , pengertian cerpen , pengertian energi

Related Posts