Manfaat Melia Propolis untuk Kesehatan

 Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar istilah propolis? Tahukah Anda bahwa propolis merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh lebah? Ya, selain madu, lebah juga memproduksi sebuah cairan bernama propolis. Dulu, propolis dikenal sebagai cairan dengan zat yang biasa digunakan lebah untuk memperbaiki sarangnya. Namun, setelah menjalani serangkaian penelitian, ternyata propolis memiliki zat yang berfungsi sebagai pencegah aktivitas jamur dan bakteri yang bisa menyerang kesehatan lebah dan menghancurkan sarangnya. Oleh karena itu, propolis yang dipakai lebah sebagai perekat sarang juga berperan menjaga sarang lebah agar tetap bersih, sehat, dan higienis. Melia merupakan salah satu produk propolis yang beredar di pasaran. Yuk, kita ketahui apa saja manfaat Melia propolis untuk kesehatan.

5

Manfaat propolis Melia untuk kesehatan. Dari penelitian dasar itulah, banyak ahli yang kemudian mengembangkannya agar propolis juga bisa dimanfaatkan sebagaimana manfaatnya untuk lebah. Dan hasilnya cukup mengejutkan, ternyata propolis lebih bermanfaat bagi kesehatan manusia lebih besar bila dibandingkan dengan manfaat yang diberikan pada lebah. Adapun manfaat dari propolis adalah sebagai berikut.

  • Sebagai anti tumor dan atherosclerosis
  • Sebagai antioksidan alami karena mengandung vitamin A, C, dan E serta enzim-enzim alami lainnya.
  • Sebagai anti jamur, virus, dan bakteri karena propolis mengandung bioflavonoid yang mampu menghancurkan banyak bakteri yang resisten pada antibiotik sintesis.
  • Sebagai anti stress karena propolis mampu menekan saraf parasimpatis untuk mengekspresikan rasa senang dan menekan rasa takut.
  • Mengobati diabetes mellitus atau kencing manis karena propolis mampu merangsang sel-sel pancreas untuk meningkatkan pengeluaran insulin sehingga kadar gula dalam darah menjadi normal.
  • Sebagai anti prostaglandin atau hormon yang menjadi penyebab reaksi radang.
  • Untuk membantu proses regenerasi sel hati agar organ hati berjalan dengan baik dan meningkatkan sistem imun agar bisa memakan sel-sel hati yang sudah mati.
  • Sebagai stimulator sistem imun untuk mengaktifkan kembali sistem imun yang rendah serta meningkatkan respon imun yang tidak spesifik.
  • Mengobati gangguan saluran pencernaan dan saluran pernapasan.
  • Mengobati penyakit jantung karena propolis mampu mengatasi efek radikal bebas dan meningkatkan daya pompa jantung.
  • Untuk merawat luka karena propolis bisa berfungsi sebagai desinfektan bioflavonoid dan vitamin C sehingga empercepat tumbuhnya jaringan baru.

Manfaat Melia propolis untuk kesehatan tidak jauh berbeda dengan manfaat propolis yang telah dipaparkan di atas. Kandungan zat-zat pada propolis melia sangat baik bagi kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Manfaat propolis Melia yang dimaksud adalah sebagai antibiotik alami, antioksidan, detoksifikasi atau membuang racun, meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun, mengandung nutrisi yang sangat tinggi, mengandung semua macam vitamin kecuali vitamin K, mengandung 16 jenis asam amino dan mineral yang dibutuhkan tubuh, dan membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Mungkin banyak orang yang masih meragukan kekhasiatan propolis Melia karena belum merasakan hasilnya. Hal itu mungkin dikarenakan beberapa hal, misalnya pemakaian dengan dosis yang tidak benar, kurang sabar dan telaten dalam menjalani terapi, dan pemakaian propolis Melia yang tidak asli atau palsu. Pastikan Anda membeli produk yang asli dan menggunakannya sesuai dengan petunjuk yang benar.

Related Posts