Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

 Kesehatan

Mungkin tidak semua orang mengetahui mengenai daun binahong karena memang tanaman ini biasanya hanya ada di pedesaan saja. Namun, seiring waktu karena telah diketahui manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan, di perkotaan pun tanaman daun binahong mulai bisa dijumpai. Apalagi bagi mereka yang menyukai pengobatan herbal dan tradisional, bisa dipastikan memiliki tanaman ini. Manfaat daun binahong untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Telah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut. Daun binahong dianggap bisa mengobati berbagai macam penyakit dan bahkan bisa diolah menjadi salah satu bahan untuk memproduksi kosmetik atau dipakai untuk kecantikan.

Tanaman binahong memiliki nama Latin Bassela Rubra Linn dan merupakan jenis tanaman rambat yang biasa ditanam di pagar. Panjang tanaman ini sekitar 5 meter dengan struktur batang yang lunak, silindris, dan saling membelit satu sama lainnya. Warna batangnya merah dan permukaanya halus dan mengilat. Tanaman binahong memiliki khasiat untuk obat tradisional, tak hanya daunnya melainkan juga batang dan umbinya juga bisa dimanfaatkan. Daun binahong bisa dimanfaatkan untuk pengobatan karena mengandung banyak zat, diantaranya antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan dan mengobati berbagai macam penyakit, baik penyakit dalam maupun penyakit luar.

4

Manfaat daun binahong untuk kesehatan sangatlah beragam. Daun yang juga terkenal dengan nama Deng san chi di Cina ini menjadi salah satu dari tanaman obat herbal yang biasa dicari orang. Berikut ini adalah manfaat dari daun binahong.

  • Daun binahong bisa mengobati penyakit-penyakit ringan yang meliputi diare, ambeien, mimisan, pasca operasi, gatal-gatal, jerawat, gusi berdarah, melancarkan haid, menambah nafsu makan, menjaga stamina tubuh, pasca melahirkan, luka bakar, dan usus bengkak.
  • Untuk beberapa penyakit berat yang bisa disembuhkan dengan daun binahong adalah penyakit batuk atau muntah darah, paru-paru, diabetes atau kencing manis, sesak napas, patah tulang, anemia atau darah rendah, radang ginjal, gegar otak, dan kanker.

Cara meramunya cukup sederhana, yakni dengan mencuci beberapa lembar daun binahong (sesuai jenis penyakitnya) kemudian merebusnya dengan air bersih hingga mendidih. Air sisa rebusan diminum dalam takaran tertentu setiap hari secara teratur. Untuk pengobatan luar seperti jerawat, bengkak, luka bakar, atau gatal-gatal bisa dengan cara menumbuk daun binahong yang sudah dicuci bersih kemudian ditempelkan di bagian yang ingin disembuhkan, ditunggu hingga kering lalu dibilas dengan air bersih.

Manfaat daun binahong untuk kesehatan. Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun binahong bisa juga dimanfaatkan untuk kecantikan. Daun binahong bisa dipakai untuk menyembuhkan jerawat dan membersihkan kulit dari kotoran dan kulit mati. Hal tersebut telah dibuktikan dengan banyaknya produk kosmetik yang menggunakan daun binahong sebagai bahan utama produksinya. Daun binahong dipercaya bisa mengangkat dan menghilangkan komedo, meregenerasi sel-sel kulit mati, menjaga kelembaban kulit, menghaluskan kulit, mengencangkan kulit, dan melindungi kulit rusak akibat dari radikal bebas. Caranya cukup dengan meremas beberapa lembar daun binahong yang masih segar, air yang keluar dari remasan dioleskan ke wajah dan ditunggu hingga mongering, lalu dibilas dengan air bersih.

Related Posts