Pengertian Audit Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Audit merupakan istilah yang biasa dipakai dalam bidang ilmu ekonomi dan akuntansi. Banyak orang yang belajar ilmu akuntansi dengan harapan bisa menjadi auditor. Auditor adalah orang yang melakukan kegiatan audit. Sebagai auditor, seseorang memang dituntut untuk bisa menguasai ilmu audit dengan maksimal dan mampu menerapkannya dalam sebuah perusahaan atau badan usaha. Dalam memahami mengenai audit, pengertian audit menurut para ahli juga memegang peranan penting untuk dipelajari. Tentunya sebagai materi tambahan agar bisa lebih memahami mengenai audit. Materi ini diperlukan tak hanya oleh seorang calon auditor, melainkan juga oleh perusahaan yang akan diaudit agar lebih paham  apa yang akan terjadi pada perusahaannya.

                Audit atau bisa juga disebut dengan pemeriksaan memiliki makna sederhana sebagai kegiatan evaluasi yang dilakukan pada suatu organisasi, sistem, proses, perusahaan, instansi pemerintahan, ataupun produk. Audit ini dilakukan oleh pihak-pihak auditor objektif yang tidak akan memihak salah satu individu atau golongan. Proses audit yang dilakukan harus dengan kejujuran tingkat tinggi dan hasilnya tidak boleh direkayasa. Bila objek audit memang melakukan kesalahan dalam pemasukan atau pengeluaran harus diberi sanksi sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan atau instansi yang telah disepakati. Kegiatan audit bukanlah pekerjaan yang sepel dan singkat. Perlu waktu berjam-jam bahkan berhari-hari untuk mengaudit sebuah perusahaan dengan saksama dan teliti.

3

                Untuk menjadi bahan materi tambahan mengenai audit, berikut ini ada beberapa penuturan para pakar mengenai definisi audit. Pengertian audit menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  • Menurut Konrath, audit adalah suatu proses sistematis yang dilakukan secara objektif untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti mengenai asersi tentang kegiatan dan kejadian ekonomi untuk meyakinkan tingkat keterkaitan antara asersi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan dan mengomunikasikan hasilnya kepada yang berkepentingan.
  • Menurut Alvin A. Arens, Mark S. Beasley, dan Randal J.Elder, audit adalah akumulasi dan evaluasi bukti mengenai  informasi untuk melaporkan kesesuaian antara informasi dan kriteria yang telah ditetapkan.
  • Menurut Sukrisno Agoes , audit adalah suatu proses pemeriksaan secara kritis dan sistematis yang dilakukan oleh pihak independen terhadap laporan keuangan pihak manajemen beserta pembukuan dan bukti pendukung lainnya dengan tujuan untuk memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan tersebut.
  • Menurut Whittington, O. Ray dan Kurt Pann, audit adalah proses pemeriksaan laporan keuangan, berupa penyelidikan mencari catatan akuntansi dan bukti lain yang mendukung, perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan akuntan publik yang independen.
  • Menurut Arens dan Loebbecke,audit adalah suatu proses pengumpulan dan pengevaluasian bukti mengenai informasi yang dapat diukur dalam suatu entitas ekonomi dan dilakukan seorang yang kompeten dan independen untuk dapat menentukan dan melaporkan kesesuaian informasi.
  • Menurut Mulyadi, audit adalah proses sistematis untuk mendapatkan dan mengevaluasi bukti pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi secara objektif dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta menyampaikan hasilnya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

                Berdasarkan pengertian audit menurut para ahli di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa proses audit adalah sebuah kegiatan evaluasi dan pengumpulan data yang dilakukan oleh orang-orang tertentu mengenai kegiatan ekonomi dalam suatu organisasi atau perusahaan, yang kemudian hasilnya dilaporkan kembali kepada pihak yang diperiksa. Itulah sebabnya audit disebut sebagai proses yang sistematis karena terstruktur dan urut.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian struktur organisasi , pengertian metode ilmiah , pengertian hukum internasional , pengertian audit , pengertian menulis , pengertian marketing mix , pengertian abstrak , pengertian motherboard , pengertian penjualan , pengertian mahasiswa

Related Posts