Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mendengar kata abstrak yang terngiang di benak kita adalah lawan dari dari konkret. Abstrak memang bisa dimaknai sebagai sesuatu yang tidak nyata, atau sesuatu yang bentuknya tidak jelas. Namun, abstrak bisa diartikan secara ilmiah dengan makna yang jauh berbeda. Abstrak yang dimaksud di sini adalah salah satu bagian dalam sebuah karya ilmiah atau artikel ilmiah. Dalam mempelajari hal ini dibutuhkan berbagai wawasan pengertian abstrak menurut para ahli untuk dapat memahaminya dengan lebih baik. Karena bersifat ilmiah sehingga dibutuhkan teori-teori dari pakar yang bisa memperkuat pengertian tersebut.

                Abstrak adalah sebuah penyajian singkat atau ringkasan tentang sebuah isi tulisan yang merupakan gagasan utama dari suatu permasalahan. Fungsi utama dari abstrak adalah menjelaskan secara singkat kepada pembaca mengenai isi tulisan dari keseluruhan karya ilmiah. Letak abstrak yang berada di awal memudahkan pembaca dalam mencarinya dan mengetahui keseluruhan isi hanya dalam sekali baca.  Bila seseorang ingin mengetahui isi sebuah karya tulis secara menyeluruh dalam waktu yang singkat, ia bisa membaca abstrak dari karya tulis tersebut. Itulah hal mendasar yang membuat abstrak bukan bagian mudah yang bisa dibuat seenaknya dalam sebuah karya ilmiah. Abstrak harus bisa mencerminkan dan menjelaskan keseluruhan isi dengan beberapa paragrag saja. Abstrak juga harus dilengkapi dengan kata kunci untuk memudahkan pembaca dalam mencari hal-hal penting dalam suatu karya ilmiah.

6

                Dalam pengertian abstrak menurut para ahli disebutkan bahwa abstrak berisi mengenai uraian singkat suatu permasalahan, teori dan metode yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut, data dan hasil analisis yang telah didapatkan, dan simpulan dalam suatu karya ilmiah. Abstrak bisa pula dipakai sebagai sebuah bagian penerbitan berkala mengenai penelitian. Bila seseorang sudah tertarik dari isi abstrak, ia akan meneruskan dengan membaca keseluruhan karya tulis ilmiah tersebut. Di awal sudah dijelaskan bahwa di dalam abstrak terdapat kata kunci atau biasa disebut dengan keyword. Hal ini selain berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari hal-hal penting, juga bisa digunakan untuk memudahkan penyimpanan data secara elektronik seperti pada katalog elektronik di sebuah perpustakaan modern.

                Selain fungsi utama abstrak yang telah disebutkan di atas, ada beberapa manfaat lain dari keberadaan abstrak di dalam sebuah karya tulis ilmiah. Manfaat-manfaat tersebut antara lain.

  1. Dapat menghemat waktu dalam pembacaan dokumen utuh aslinya.
  2. Bisa membaca banyak bacaan dalam waktu yang relatif singkat.
  3. Mempermudah menyeleksi karya tulis yang harus dibaca.
  4. Membantu pembaca dalam hal kesulitan bahasa dalam membaca tulisan aslinya.
  5. Dapat mengefisiensikan pembuatan indeks.
  6. Membantu pembuatan tinjauan pustaka.

                Pengertian abstrak menurut para ahli memang selalu bersifat ilmiah karena peranan abstrak yang sangat penting dalam sebuah karya tulis ilmiah. Meski abstrak berada di awal bagian karya ilmiah, tetapi pembuatannya selalu paling akhir. Setelah semua proses penelitian dan penyusunan karya ilmiah selesa, barulah penulis menyusun abstrak yang disesuaikan isinya dengan isi karya tulis secara utuh. Ada beberapa karya tulis ilmiah yang mengharuskan penulis juga membuat abstrak dengan bahasa Inggris, tujuannya agar karya tulis bisa juga dimengerti oleh pembaca asing.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian struktur organisasi , pengertian metode ilmiah , pengertian hukum internasional , pengertian audit , pengertian menulis , pengertian marketing mix , pengertian abstrak , pengertian motherboard , pengertian penjualan , pengertian mahasiswa

Related Posts