Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Keberadaan musik dalam kehidupan tak bisa dihindari. Bahkan, saat ini musik menjadi salah satu cabang pendidikan dan pekerjaan yang diminati oleh banyak orang. Seiring dengan populernya musik, diimbangi dengan keberadaan seni di dalamnya yang melahirkan istilah seni musik. Banyak pengertian seni musik menurut para ahli yang telah dipelajari oleh pencinta cabang pendidikan ini. Kata musik sendiri berasal dari Bahasa Inggris, yakni music atau dari Bahasa Belanda, yakni muziek. Sedangkan para ahli sejarah berpendapat lain, mereka menyatakan bahwa musik berasal dari nama dewa kesenian dalam mitologi Yunani kuno yang bernama muse.

                Kata seni bisa diartikan sebagai sesuatu atau karya yang indah dan luar biasa, sedangkan musik adalah nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan bunyi-bunyian yang harmonis. Dua hal tersebut dipadukan sehingga muncullah istilah seni musik yang bisa diartikan sebagai sebuah karya yang terbentuk dari bunyi-bunyian bernada dengan harmoni yang indah. Banyak ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai pengertian seni musik. Mereka mengartikannya berdasarkan pengalaman, pengetahuan, atau pemikiran yang berbeda pula. Tak ada yang salah dalam pengertian yang mereka kemukakan. Kesemuanya memiliki dasar yang kuat sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

2

                Dari sekian banyak pengertian seni musik menurut para ahli, berikut ini adalah sebagian pengertian yang bisa dijadikan bahan tambahan pengetahuan kita. Bahwasanya seni musik saat ini telah menjadi sebuah cabang pengetahuan yang sangat luas dan tak terbatas ilmunya.

  • Jamalus berpendapat bahwa seni musik adalah seni bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu dengan unsur-unsur musik (nada, irama, melodi, harmoni, dan ekspresi) yang menyatu dan mengungkapkan perasaan penciptanya.
  • Prier berpendapat sama dengan Aristoteles yang mengemukakan bahwa seni musik adalah curahan kekuatan dari dalam rasa  yang digambarkan melalui rentetan suara yang berirama.
  • Lexicographer sebagai ahli kamus menyatakan bahwa seni musik merupakan kombinasi nada, vocal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.
  • Banoe berpendapat bahwa seni musik merupakan cabang seni yang menetapkan suara ke dalam pola tertentu yang bisa dimengerti dan dipahami oleh manusia.
  • Sylado menyatakan bahwa seni musik adalah wujud hidup dari kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelas beliau mengatakan bahwa alunan musik dengan nada yang berjiwa akan mampu menggerakkan hati penikmatnya.

Dari beberapa pengertian seni musik menurut para ahli tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa seni musik adalah sebuah karya seni yang timbul dari ekspresi perasaan manusia melalui nada atau suara yang harmonis dan indah. Pada dasarnya seni musik masuk dalam cabang seni yang memanfaatkan media bunyi sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi para pencipta dan penikmatnya. Saat ini musik tak bisa dilepaskan dari perkembangan budaya kehidupan manusia. Hal ini disebabkan musik telah menjadi salah satu budaya manusia di samping ilmu pengetahuan, kesehatan, bahasa dan sastra, ekonomi, arsitektur, dan sebagainya. Bahkan, dengan menggabungkan berbagai macam cabang ilmu-ilmu tersebut, bukan tidak mungkin keberadaan musik semakin dibutuhkan dan meluas. Seperti kata pepatah, indahkan duniamu dengan musik.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian kewirausahaan , pengertian nasionalisme , pengertian seni musik , pengertian evaluasi , pengertian kebugaran jasmani , pengertian pasar modal , pengertian php , pengertian observasi , pengertian media , pengertian peta , pengertian organisasi , pengertian narkoba , pengertian pancasila

 

Related Posts