Pengertian Peta Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

     Kata peta sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sejak masuk pendidikan dasar kita telah diberi bekal ilmu mengenai peta. Peta secara umum dapat diartikan  sebagai gambaran permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan skala yang dibutuhkan dan dilengkapi dengan simbol-simbol tertentu sebagai penjelasnya. Selain pengertian tersebut, masih banyak lagi pengertian peta menurut para ahli. Pengertian-pengertian tersebut tetap mengacu pada pengertian secara umum, hanya saja diberi tambahan penjelasan sesuai dengan pengetahuan dari pakar tersebut.  Skala  peta adalah perbandingan jarak pada peta dan jarak di lapangan. Sedangkan simbol peta dapat di definisikan sebagai gambar pengganti.

Menurut ICA (International Cartographic Association) peta adalah gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, yang pada umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil/diskalakan. Menurut Aryono Prihandito (1988) peta merupakan gambaran permukaan bumi dengan skala tertentu, digambar pada bidang datar melalui sistem proyeksi tertentu. Menurut Erwin Raisz (1948)peta adalah gambaran konvensional dari ketampakan muka bumi yang diperkecil seperti ketampakannya kalau dilihat vertikal dari atas, dibuat pada bidang datar dan ditambah tulisan-tulisan sebagai penjelas. Menurut Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal 2005) peta merupakan wahana bagi penyimpanan dan penyajian data kondisi lingkungan, merupakan sumber informasi bagi para perencana dan pengambilan keputusan pada tahapan dan tingkatan pembangunan.

9

Berbagai macam definisi atau pengertian peta dari berbagai sumber. Peta merupakan penyajian grafis bentuk ruang dan hubungan keruangan antara berbagai perwujudan yang diwakili (Kals, 1983). Peta merupakan bidang datar dan obyek yang digambarkan pada peta umumnya terletak pada permukaan bumi, sehingga digunakan skala dan sistem proyeksi untuk menggambarkan keadaan yang sesungguhnya. Peta adalah alat penting dalam perencanaan lingkungan. Sedikitnya ada tiga alasan sebagai berikut:

  • peta sebagai penyimpanan data
  • peta sebagai alat analisis
  • peta dapat menyampaikan informasi kepada pengguna (users).

Peta adalah penggambaran dua dimensi pada bidang datar keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi yang diproyeksikan dengan perbandingan atau skala tertentu.

Pengertian peta menurut para ahli di atas akan semakin menambah wawasan kita tentang peta secara lebih mendalam. Ilmu yang mempelajari tentang peta adalah kartografi, sedangkan orang yang ahli dalam bidang pembuatan peta disebut kartograf. Manusia telah mengenal peta sejak sebelum masehi. Akan tetapi, pada waktu itu peta masih digambar pada lempengan tanah liat yang kemudian dibakar, tidak pada kertas seperti zaman sekarang. Contoh peta pada lempengan tanah liat adalah peta-peta yang dibuat oleh bangsa Babilonia, Mesir dan Cina yang saat ini disimpan di Museum Semit Harvard, Amerika Serikat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian kewirausahaan , pengertian nasionalisme , pengertian seni musik , pengertian evaluasi , pengertian kebugaran jasmani , pengertian pasar modal , pengertian php , pengertian observasi , pengertian media , pengertian peta , pengertian organisasi , pengertian narkoba , pengertian pancasila

 

Related Posts