PENGERTIAN ORGANISASI MENURUT PARA AHLI

 Pengetahuan

          Sebenarnya sejak kita duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kita sudah diperkenalkan dan kenal yang namanya organisasi. jika yang dulu aktif dalam pramuka, berarti ia sudah kenal dekat dengan organisasi. Apalagi jika kita sudah berada di SMP mapun SMA, kita akan mengenal yang namanya OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah. Dalam kegiatan ini para siswa akan dilatih kerjasamanya antara siswa satu dengan siswa yang lain. Tidak hanya di OSIS saja kita bisa melatih kerjasama juga kekompakkan kita dengan orang lain, masih banyak organisasi-organisasi yang ada di dalam sekolah maupun yang ada di luar sekolah. Banyak sekali pengertian organisasi menurut para ahli yang akan kita bandingkan agar kita akan semakin tahu tentang definisi dari organisasi yang sebenarnya.

a

Dalam sebuah kamus Bahasa Indonesia ada yang mengartikan bahwa organisasi ialah susunandan aturan dari berbagai bagian organ dan sebagainya sehingga merupakan kesatuan yang teratur. Dalam artian yang sederhana juga sempit, organisasi dapat didefinisikan sebagai alat atau wadah atau tempat kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang ingin dicapai bersama dengan pola yang tertentu yang memiliki perwujudannya memiliki kekayaan baik yang berupa fisik maupun non fisik. Sedangkan pengertian organisasi menurut para ahli ialah, Pfiffner dan Sherwood mengemukakan bahwa organisasi adalah suatu cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertatap muka terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan, dan mencapai tujuan yang telah ditargetkan semula secara sistematis atau berurutan. Allen berpendapat jika organisasi adalah suatu proses pengidentifikasian dan pembentukan juga pengelompokan kerja, mendefinisikan mendelegasi (diputuskannya atau ditetapkannya) wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan-hubungan dengan tujuan untuk memungkinkan orang-orang untuk bekerja sama dengan seefektif mungkin dalam menuju tujuan yang sudah ditetapkan. Kesimpulan dari keduanya adalah organisasi ialah kegiatan atau proses dimana beberapa orang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sudah mereka tetapkan dan targetkan. Sehingga bisa dimemungkinkan terjadinya suatu konflik atau permasalahan di dalam sebuah organisasi yang ditimbulkan karena ketidaksamaan tujuan atau ketidaksepahaman yang disebabkan oleh ekspektasi perlakuan atau yang lain.

Diatas sudah dipaparkan tentang gambaran secara umum juga pengertian organisasi menurut para ahli maupun umum. Tentunya dari kegiatan ini akan menghasilkan dampak yang positif bagi pelaksananya. Disamping ia akan melatih kerjasama, kekompakkan, kita juga akan melatih kemampuan bersosial kita dengan orang lain, dengan kita mengikuti beberapa organisasi yang ada di dalam maupun yang ada di luar sekolah kita akan memiliki banyak teman. Tapi ada juga yang memanfaatkan kegiatan organisasi yang diikutinya dengan tujuan yang terbilang kurang baik, seperti agar tidak mengikuti pelajaran di kelas atau lain sebagainya. Contoh tersebut merupakan contoh yang kurang baik untuk dijadikan panutan. Tentu saja karena hal tersebut akan mengganggu proses pembelajaran kita di sekolah nanti. Kita mengikuti organisasi di sekolah tentu baik untuk kita, namun kita juga jangan sampai mengkesampingkan pelajaran kita di kelas.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian kewirausahaan , pengertian nasionalisme , pengertian seni musik , pengertian evaluasi , pengertian kebugaran jasmani , pengertian pasar modal , pengertian php , pengertian observasi , pengertian media , pengertian peta , pengertian organisasi , pengertian narkoba , pengertian pancasila

Related Posts