Pengertian Distribusi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sebagai makhluk sosial yang selalu berhubungan dengan orang banyak dan melakukan kegiatan secara bersama-sama, kita jelas memahami sekali makna dari distribusi. Istilah ini sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Secara sederhana, distribusi diartikan sebagai proses menyalurkan barang dan jasa. Namun, kenyataannya makna dari distribusi lebih luas dan beragam dari itu. Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan distribusi? Untuk lebih memahaminya, bagaimana pula pengertian distribusi menurut para ahli? Kedua pertanyaan tersebut tidak bisa hanya dijawab dengan pengertian sederhana seperti di atas. Harus diberikan penjelasan secara khusus dan luas untuk menjawabnya agar kita lebih memahami konsep dan esensi dari distribusi.

aa

                 Sebelum membahas mengenai pengertian distribusi menurut para ahli, kita ketahui terlebih dahulu pengertian secara umumnya. Menurut Wikipedia, secara umum distribusi merupakan suatu aspek yang penting dalam pemasaran. Di sisi lain distribusi juga diartikan sebagai suatu kegiatan pemasaran yang berguna untuk melancarkan kegiatan penyaluran barang dari seorang produsen kepada konsumen. Kegiatan distribusi ini juga merupakan kegiatan yang sudah berlangsung sekian lama di seluruh dunia. Pentingnya kegiatan distribusi ini juga merupakan penunjang kegiatan perekonomian di seluruh dunia. Dengan adanya kegiatan distribusi ini, diharapkan dapat membuat pendistribusian barang atau jasa dari para produsen ke konsumen semakin mudah digapai oleh para konsumen maupun produsen. Tentu saja kegiatan distribusi ini dapat menjadi suatu kegiatan yang sangat membantu antara produsen dan konsumen karena tanpa adanya kegiatan distribusi maka sangat sulit tercapainya kegiatan pemasaran antara produsen ke konsumen sacara langsung maupun tidak langsung .

                Setelah memahami pengertian distribusi secara umum di atas, berikut ini adalah definisi yang lebih spesifik. Definisi berikut ini adalah beberapa pengertian distribusi menurut para ahli di seluruh dunia.

  • Menurut Winardi, distribusi merupakan sekumpulan perantara yang terhubung erat antara satu dengan yang lainnya dalam kegiatan penyaluran produk-produk kepada konsumen (pembeli).
  • Menurut The American Marketing Association, distribusi adalah suatu struktur organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri dari agen, dealer, pedagang besar dan pengecer, melalui sebuah komoditi, produk atau jasa yang dipasarkan.
  • Menurut Philip Kotler, distribusi merupakan sekumpulan organisasi yang membuat sebuah proses kegiatan penyaluran suatu barang atau jasa siap untuk di pakai atau di konsumsi oleh para konsumen (pembeli).
  • Menurut C. Glenn Walters, distribusi adalah sekelompok pedagang dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari suatu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar tertentu.
  • Menurut Alma, distribusi merupakan sekumpulan lembaga yang saling terhubung antara satu dengan lainnya untuk melakukan kegiatan penyaluran barang atau jasa sehingga tersedia untuk dipergunakan oleh para konsumen (pembeli).
  • Menurut Alex S. Nitisemito, distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen.
  • Menurut Tjiptono, distribusi merupakan suatu proses kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk mempermudah kegiatan penyaluran barang atau jasa dari pihak produsen ke pihak konsumen.
  • Menurut Daniel, distribusi merupakan suatu kegiatan dari sebuah organisasi yang bertujuan untuk memperlancar kegiatan penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian tik , pengertian distribusi , pengertian komunitas , pengertian hukum pidana , pengertian biologi , pengertian desain , pengertian tema , pengertian sastra , pengertian hujan asam , pengertian linux , pengertian giro , pengertian chatting

Related Posts