Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli adalah – Tahukah Anda apa akuntabilitas? Dilihat dari bahasanya, kata ini tentunya berkaitan dengan akuntansi. Akuntabilitas ini adalah sebuah pertanggungjawaban yang berhubungan dengan administrasi. Langsung saja kita simak Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli.

Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli. Dalam Wikipedia menerangkan akuntabilitas adalah konsep etika atau pertanggungjawaban dari pemerintah yang mengatur administrasi publik (lebaga legislatif, eksekutif dan yudikatif). Jadi, dalam akuntabilitas memuat kwajiban untuk memaparkan atau melaporkan segala tindakan dan aktivitas yang dilakukan di bidang administrasi keungan kepada atasannya.

Masih Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli. Mardiasmo menenrangkan bahwa akuntabilitas adalah sebuah kewajiban melaporkan dan bertanggungjawab atas kberhasilan atau pun kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai hasil yang telah ditetapkan sebelumnya, lewat media pertanggungjawaban yang dilakuan secara berkala.

8

Setelah tahu Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli. Sebaiknya kita juga belajar tentang macam-macam akuntabilitas. Menurut Mardiasmo ada dua jenis akuntabilitas. Yaitu sebagai berikut :

  1. Akuntabilitas vertikal (vertical accountability)

Merupakan sebuah pertanggungjawaban pengelolaan dana kepada atasan, seperti : pertanggungjawaban pemerintah pusat kepada MPR, pertanggungjawaban pegawai dinas kepada pemerintah daerah.

  1. Akuntabilitas horizontal (horizontal accountability)

Akuntabilitas horizontal ini adalah pertanggungjawaban kepada DPRD dan rakyat.

Sedangkan menurut Lembaga Administrasi Negara (LAN), ada tiga jenis akuntabilitas, yaitu sebagai berikut :

  1. Akuntabilitas keuangan

Merupakan pertanggungjawaban tentang hal yang berhubungan dengan integritas keuangan, taat pada aturan, dsb.

  1. Akuntabilitas manfaat

Memberikan manfaat hasil dari kegiatan-kegaiatan pemerintah.

  1. Akuntabilitas prosedural

Pertanggungjawaban mengenai tata cara pelaksanaan kebijakan apakah telah mempertimbangkan moralitas, hukum, etika, dsb.

Menurut Mahmudi, akuntabilitas yang wajib ada dalam lembaga-lembaga public adalah sebagai berikut :

  1. Akuntabilitas hukum dan kejujuran

Akuntabilitas ini berkaitan dengan pertanggungjawaban mengenai kejujuran dan hukum yang berhubungan dengan tidak melakukan penyalahgunaan wewenang atau kekuasaan dan jaminan untuk menaati hukum.

  1. Akuntabilitas manajerial

Akuntabilitas manajerial merupakan pertanggungjawaban yang berkaitan dengan kinerja ataupun proses organisasi secara efektif dan efisien.

  1. Akuntabilitas program

Akuntabilitas program adalah pertanggungjawaban yang berkaitan dengan program, yakni apakah semua rencana kegiatan dapat berjalan dengan baik atau tidak. Akuntabilitas ini juga membahas tentang upaya untuk memperoleh hasil optimal dengan biaya minimal.

  1. Akuntabilitas kebijakan

Merupakan pertanggungjawaban lembaga publik atas keputusan-keputusan yang telah diambil. Lembaga publik tersebut harus dapat mempertanggungjawabkan kebijakan yang ditetapkannya. Dalam memutuskan sebuah kebijakan harus memperhatikan, tujuan, alasan pengambilan kebijakn, sasaran, pihak yang berkepentingan, manfaat maupun hal negatif kebijakan itu.

  1. Akuntabilitas finansial

Akuntabilitas ini berhubungan dengan pertanggungjawaban lembaga publik dalam membelanjakan uang rakyat secara ekonomi, efektif dan efisien. Semua dana anggaran harus dipertanggungjawabkan, tidak boleh ada pemborosan maupun kebocoran pada dana yang mungkin disebabkan karena kolusi dan korupsi. Akuntabilitas financial ini adalah jenis pertanggungjawaban atas pengelolaan uang negara yang akan disorot oleh masyarakat luas.

Itulah pembahasan tentang akuntabilitas, mulai dari Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli hingga jenis-jenisnya. Intinya, akuntabilitas adalah sebuah bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada masyarakat luas atas semua kebijakan yang sudah dilakukannya.

Related Posts