Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Kepribadian yang ada dalam diri manusia bukanlah sesuatu yang didapatnya dari lahir layaknya karunia. Kepribadian terbentuk karena proses yang terjadi di sekitar kita, lingkungan keluarga, sekolah, sosial, kerja, dan dunia bermain membentuk seperti apa kepribadian seseorang tersebut. Lingkungan yang tidak baik akan membentuk pribadi seseorang menjadi tidak baik pula, begitu pun sebaliknya. Akhir-akhir ini banyak sekali masalah kepribadian yang menjadikan seseorang bertindak kasar dan kriminal. Semakin banyak kasus pemerkosaan, penganiayaan, pembunuhan, pencurian, dan berbagai tindakan menyimpang lainnya yang didasari oleh kepribadian seseorang yang salah. Oleh sebab itu, banyak pakar yang mulai mengidentifikasi apa sebenarnya pengertian kepribadian menurut para ahli? Hal tersebut berguna dalam kaitannya untuk mengurasi tindakan kriminalitas.

                Kepribadian diartikan sebagai gambaran umum dari perilaku individu yang khas dan dapat dilihat dari perilaku sehari-hari. Kepribadian yang dimaksud di sini bisa berupa banyak hal, seperti tutur kata, sikap dan perilaku, hobi, iman, cara berpikir, sudut pandang, dan lain-lain. Kepribadian dianggap sebagai warisan biologis yang diterima seseorang dari leluhurnya dengan pengaruh lingkungan melalui proses interaksi dan sosialisasi sejak lahir hingga dewasa. Kepribadian merupakan kecenderungan psikologis seseorang untuk melakukan tingkah laku sosial tertentu, baik berupa perasaan, pikiran, sikap, keinginan, dan perbuatan.

3

                Berikut ini adalah pengertian kepribadian menurut para ahli.

  • Menurut Yinger, kepribadian adalah seluruh perilaku seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian instruksi.
  • Menurut Gordon W. Allport, kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dari sistem psiko-fisik individu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran insividu secara khas.
  • Menurut M. A. W. Bouwer, kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi kekuatan, dorongan, keinginan, opini, dan sikap seseorang.
  • Menurut George Kelly, kepribadian adalah cara unik dari individu dalam mengartikan pengalaman-pengalaman hidupnya.
  • Menurut Cuber, kepribadian adalah gabungan seluruh sifat-sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang.
  • Menurut Horton, kepribadian adalah keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi, dan terpramen seseorang
  • Menurut Theodore R. Newcombe, kepribadian adalah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap tingkah laku.
  • Menurut Roucek dan Warren, kepribadian adalah organisasi faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang mendasari perilaku seseorang.
  • Menurut Koentjoroningrat, kepribadian adalah susunan dari unsur-unsur akal dan jiwa yang menentukan tingkah laku atau tindakan.

Berdasarkan beberapa definisi kepribadian tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa kepribadian merupakan hal yang abstrak dari pola perilaku manusia yang merupakan ciri khas dan konsisten sebagai identitas individu yang mencakup kebiasaan, sikap, dan berbagai sifat khas.

Dari pengertian kepribadian menurut para ahli di atas pula kita bisa mengetahui bahwa kepribadian seseorang berkembang melalui interaksi di antara banyak faktor, yakni warisan biologis, lingkungan fisik, kebudayaan, kelompok, dan pengalaman khas seseorang. Warisan biologis menjadi bahan mentah bagi kepribadian seseorang. Bahan mentah tersebut bisa dibentuk dengan bantuan lingkungan alamatau fisik, kebudayaan, dan pengalaman seseorang. Lingkungan fisik dan kebudayaan menjadi faktor yang menetukan kepribadian seseorang seiring dengan interaksi sosial mereka dengan orang lain. Sedangkan faktor pengalaman menjadikan kepribadian seseorang lebih baik dari waktu ke waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian dasar negara , pengertian profesi , pengertian perusahaan , pengertian kepribadian , pengertian tasawuf , pengertian atom , pengertian inovasi , pengertian ip address , pengertian karakter , pengertian sosial , pengertian teknologi informasi

Related Posts