Pengertian IP Address Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Membicarakan mengenai dunia internet tak pernah ada habisnya. Internet yang semakin berkembang dan menjadi kebutuhan tak terhindarkan bagi masyarakat. Hampir semua aktivitas menjadi lebih mudah saat dikerjakan dengan bantuan internet. Tak ada batas yang jelas ketika kita berbincang mengenai internet, isi, dan komponennya. Salah satu hal yang berhubungan dan sangat penting bagi keberadaan internet adalah IP address. Apa yang kalian ketahui mengenai IP address? Bagaimana IP address bisa menjadi hal yang sangat penting bagi internet? Pengertian IP addres, baik pengertian secara umum maupun pengertian IP address menurut para ahli, akan membantu kalian dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

                Internet sebagai sebuah interconnected network merupakan jaringan komputer yang sangat luas. Internet terdiri atas gabungan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia, mulai dari jaringan komputer milik pemerintahan, akademis, publik, sampai jaringan komputer milik pribadi. Untuk bisa terhubung ke dalam jaringan internet, kita memerlukan Internet Service Provider (ISP). Agar semua komputer bisa terhubung ke internet dan dapat berkomunikasi dibuatlah sebuah aturan main atau protocol yang mengatur komunikasi data tersebut. TCP/IP adalah protocol resmi untuk aplikasi internet sejak tahun 1983 hingga sekarang. Dalam protocol IP tersebut, setiap komputer yang terhubung ke internet harus memiliki IP address yang berfungsi sebagai alat pengenal pada network.

7

                Internet Protocol Address atau IP address adalah suatu identitas numeric yang dilabelkan kepada suatu alat seperti komputer, router, atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi. IP address tersebut haruslah unik dan berbeda, tidak boleh ada satu IP address yang sama untuk dua komputer yang berbeda. Pengertian IP address menurut para ahli mungkin bisa lebih menjelaskan pengertian secara umum di atas. Namun, kita bisa memulainya dengan lebih memahami fungsi IP address bagi dunia internet. IP address memiliki dua fungsi, yakni sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan dan sebagai alamat lokasi jaringan. Fungsi alat idektifikasi diilustrasikan seperti nama orang sebagai metode agar mudah dikenali. Fungsi alamat lokasi jaringan diilustrasikan sebagai alamat yang menunjukkan lokasi untuk pengiriman paket data yang diinginkan oleh server.

                IP address memiliki format penulisan yang baku. Format ini menggunakan bilangan biner yang ditulis dengan bilangan 4 desimal yang masing-masing dipisahkan oleh titik. Hal ini dilakukan agar mudah ditulis dan dibaca oleh pengguna. Format penulisan ini disebut sebagai dotted-decimal notation. Setiap bilangan decimal merupakan nilai dari satu octet atau delapan bit alamat IP. IP address memiliki dua versi, yakni IP versi 4 (IPv4) dan IP versi 6 (IPv6).

                IP address sebenarnya terdiri dari dua bagian, yakni bagian Network Identifier (NetID) yang memiliki peran dalam identifikasi suatu network dari network yang lain dan yang kedua adalah bagian Host Identifier (HostID) yang menentukan alamat host dalam suatu network. Jadi, semua host yang tersambung dalam jaringan yang sama akan memiliki NetID yang sama. Sekilas mengenai IP address di atas semoga bisa memperjelas pengetahuan Anda dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda seputar IP address. Terkait dengan hal tersebut, tak ada salahnya jika Anda mendalami lebih lanjut dengan mencari tahu mengenai pengertian IP address menurut para ahli.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian dasar negara , pengertian profesi , pengertian perusahaan , pengertian kepribadian , pengertian tasawuf , pengertian atom , pengertian inovasi , pengertian ip address , pengertian karakter , pengertian sosial , pengertian teknologi informasi

Related Posts