PENGERTIAN SEJARAH MENURUT PARA AHLI

 Pengetahuan

Pengertian sejarah menurut para ahli , Bagi yang masih sekolah, sudah tak asing lagi dengan mata pelajaran sejarah. Biasanya mata pelajaran ini belum khusus atau spesifik di kalangan sekolah dasar karena biasanya mata pelajaran ini terdapat di pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Naik satu tingkat diatasnya, SMP tetap menjadi satu di dalam mata pelajaran IPS namun akan disendirikan dengan bab ekonomi, bab geografi, bab sosiologi, dan bab sejarah. Naik satu tingkat diatasnya lagi, SMA mata pelajaran sejarah ini akan berdiri sendiri. Pengertian sejarah menurut para ahli tentu tidak sedikit, banyak yang mengemukakan pendapat para ahli dari dalam maupun luar negri tentang definisi sejarah. Diantaranya ahli dalam negri, Moh. Ali berpendapat bahwa sejarah merupakan keseluruhan perubahan yang ada dan benar-benar terjadi. Jadi, menurut Moh. Ali sejarah adalah perubahan dari sebuah kejadian dari masa lalu hingga masa sekarang yang benar-benar terjadi dan benar-benar adanya. Bukan sebuah cerita ataupun berita dari mulut ke mulut, kejadian tersebut sudah dipastikan kebenarannya. Sedankan menurut hali dari luar negri Heredotus  sejarah adalah satu kejadian yang menceritakan suatu perputaran jauh kebangunannya seorang tokoh dan peradaban. Heredotus memiliki sebuah pemikiran bahwa sejarah adalah sebuah cerita dari pertama hingga akhir dari kisah seseorang atau yang lebih kita kenal dengan biografi dan juga kisah tentang adanya peradaban. Kedua pendapat tersebut sama-sama benar, karena sebuah definisi dari sejarah ini bersifat subyektif, tergantung dari cara pandang orang yang melihat.

1

Pengertian sejarah menurut para ahli dari dalam maupun luar negri sudah kita ketahui, sekarang kita akan membahas tentang definisi sejarah secara umum. Sejarah berasal dari kata “syajarotun” yang memiliki arti pohon. Pohon ini dimaknakan sebagai arti kehidupan. Karena pohon memiliki beberapa bagian seperti akar, batang, ranting, daun, bunga, dan buah yang menjadi satu kesatuan menjadi kehidupan dan saling terhubung. Sama seperti sejarah, sejarah tentunya cerita yang benar-benar adanya dari masa lalu hingga sekarang yang tentunya antara cerita satu dengan cerita yang lain saling terhubung dan berhubungan. Ada syarat mutlak suatu kejadian agar bisa di katakan sejarah, yang pertama kejadian tersebut harus dan hanya terjadi sati kali selamanya, kedua harus unik, dan yang terakhir kejadian tersebut harus abadi dalam artian dikenang oleh semua orang. Jika kejadian tersebut biasa saja, ya tentu tak bisa dikatakan sebagai kejadian bersejarah.

Banyak manfaat yang kita dapat jika memahami tentang pengertian sejarah menurut para ahli. Dari sejarah kita bisa mengambil hikmah juga pelajaran agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama di masa yang akan datang. Dengan kita mempelajari sejarah, apa-apa saja yang telah terjadi, kita bisa tahu dan bisa antisipasi apa saja yang harus diperbaiki atau dibenahi di masa depan supaya kita mendapat berkehidupan yang lebih baik. Dari sejarah pun kita bisa mengetahui asal muasal sesuatu yang terjadi di masa lalu. Salah satu contohnya, dalam pembelajaran siswa-siswa dapat mengetahui bagaimana negara Indonesia pada jaman peperangan dulu hingga mencapai kejayaan seperti sekarang ini. Tidak ada ruginya kita mempelajari sejarah sesuatu apapun itu, karena banyak pelajaran yang dapat kita petik dari kisah tersebut.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian komunikasi , pengertian email , pengertian sejarah , pengertian etika , pengertian bank , pengertian puisi , pengertian budaya , pengertian kewirausahaan

Related Posts