PENGERTIAN BUDAYA MENURUT PARA AHLI

 Pengetahuan

Pengertian budaya menurut para ahli , Budaya, mendengar kata ini saja sudah bisa di tebak begitu dekat dengan negara Indonesia. Negara-negara yang lain pun juga memiliki banyak kebudayaan yang menarik. Tapi, karena kita cinta tanah air dan cinta bumi pertiwi maka kita mencomot nama Indonesia saja. Membicarakan tentang budaya sangat erat sekali hubungannya dengan adat istiadat. Budaya sendiri merupakan salah satu faktor banyaknya turis mancanegara yang datang ke Indonesia. Indonesia sendiri mempunyai banyak sekali budaya didalamnya. Mulai dari bahasa, suku, pakaian, rumah, senjata, makanan, hingga upacara-upacra tradisional semua ada di Indonesia, beraneka aga tetapi kami tetap satu jua. Pengertian budaya menurut para ahli, Mitchel, budaya adalah seperangkat nilai-nilai inti , kepercayaan, standar, pengetahuan, moral hukum, dan perilakuyangdisampaikan oleh individu-individu dan masyarakat yang menentukan bagaimana  seseorang bertndak, berperasaan, dan memandang dirinya sendiri juga orang lain. Budaya sendiri sangat dekat dengan identitas suatu masyarakat itu sendiri. Kesimpulan yang kita dapat dari definisi diatas, adalah budaya merupakan adat, kebiasaan yang sudah melekat di dalam masyarakat sejak dahulu hingga sekarang.

6

Dengan berjalannya roda jaman juga berputarnya jarum jam, kian lama budaya yang ditinggalkan oleh leluhur kita bisa-bisa akan terkubur jauh di dalam tanah. Cucu dan cicit kita bisa tidak mengenal kebudayaan mereka sendiri tanpa melihat secara langsung dan mereka hanya mendapat informasi dari sebuah cerita saja. Kemajuan jaman membuat budaya-budaya lama semakin ditinggalkan oleh orang-orang modern karena budaya tersebut sudah dianggap ketinggalan jaman atuapun kuno.

Pengertian budaya menurut para ahli tersebut sudah menyebutkan secara jelas bahwa budaya adalah adat dan kebudayaan. Kebiasaan yang sudah melekat di dalam masyarakat akan sulit hilang jika kita terus menjaga kepercayaan kita akan kebaikan dari kebudayaan tersebut. Terbukti masih banyak masyarakat-masyarakat pedesaan yang tetap berpegang teguh dengan adat istiadat yang ada. Di samping karena cara pemikiran mereka yang masih tradisional belum begitu bisa menerima kemajuan yang ada, disamping itu juga untuk melestarikan budaya itu sendiri.

Pengertian budaya menurut para ahli juga menyebutkan bahwa budaya adalah identitas. Masih banyak orang-orang yang peduli akan budaya Indonesia yang kian lama kian tertimbun dengan kecanggihan segala sesuatu. Sudah selayaknya kita yang ditinggali kebudayaan yang sedimikian banyaknya berkewajiban menjaga dan melindungi agar kebudyaan tersebut tetap terjaga adanya. Agar anak cucu kita nanti juga tetap bisa mnikmati budaya dari tanah kelahirannya sendiri. Pentingnya menanamkan cinta budaya sendiri dimulai sejak dini, lebih bagus ika anak-anak kecil sudah diperkenalkan dengan budaya-budaya tradisional dan ditanamkan rasa menjaga budaya itu. Karena budaya adalah harta karun yang tak ternilai dengan apapun itu. Budaya negara satu dengan negara yang lain tentunya berbeda, hanya ada satu dna satu-satunya di dunia. Maka dari itu, ayo sama-sama kita bergandeng tangan untuk menjaga warisan leluhur kita agar tidak hilang ditelan oleh tenggorokan moderenisasi jaman seperti sekarang ini. Dan tanamkan rasa cinta budaya Indonesia pada anak-anak generasi muda Indonesia.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian komunikasi , pengertian email , pengertian sejarah , pengertian etika , pengertian bank , pengertian puisi , pengertian budaya , pengertian kewirausahaan

Related Posts