PENGERTIAN ETIKA MENURUT PARA AHLI

 Pengetahuan

Berbicara entang etika berarti berbicara tentang perilaku. Etika sangat berhubungan erat dengan tingkah laku, bahkan tidak bisa dipisahkan. Pengertian etika menurut para ahli akan di bahas juga dalam pembahasan kali ini W. J. S Poerwodarminto mengemukakan pendapatnya tentang definisi dari etika. Menurut beliau etika adalah pengetahuan tentang asas-asas akhlak. Secara umum etika merupakan adat ataupun kebiasaan manusia, dan etika itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Ethos”. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa etika merupakan peraturan adat kebiasaan manusia dalam pergaulan masyarakat serta menegaskan mana yang baik dan mana yang buruk Diatas adalah uraian sederhana tentang pendapat para ahli tentang definisi etika. Kita tahu dan sudah tak asing lagi dengan kata-kata etika ini. Perilaku kita dalam berkehidupan sehari-hari tentunya juga di atur. Di rumah, sekolah, lingkunga masyarakat, ataupun di tempat umum lainnya hendaknya berperilaku baik agar tidak mengganggu kenyaman orang di sekitar kita. Sesuatu hal agar dapat berjalan dengan baik tentu harus ada sesuatu yang mengaturnya. Etika pun juga memiliki aturan-aturan yang mengikat agar kita berperilaku baik dimanapun kita berada. Dengan demikian etika merupakan cabang dari ilmu fisafat yang berbicara mengenai nilai yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya.

3

Sejak kita masih kecil kita sudah diajarkan dan diajari untuk berkelakuan baik dimana pun kita berada . dan kita harus membawa ilmu tersebut sampai kita dewasa kelak, karena dari ilmu yang diajarkan orang tua maupun guru kita mempunyai harapan nantinya kita bisa menjadi orang yang baik dan bahkan bisa menjadi contoh untuk yang lain. Kita sudah mengetahui pengertian etika menurut para ahli yang lebi spesifik, lebih khusus dan subyektif, kita juga mengetahui pengertian etika secara umum yang lebih obyektif. Keduanya tidak ada yang salah, tinggal kita saja memilih yang mana yang paling memungkinkan kita untuk mempermudah pemahaman dari banyak pengertian dari etika. Kita sebagai manusia, ciptaan Tuhan yang paling sempurna, dibekali akal dan juga pikiran yang dapat memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik. Berbicara tentang etika selalu berhubungan dengan peraturan ataupun tata cara berperilaku, pasti tak akan lepas dengan yang namanya norma. Norma tak jauh berbeda dengan peraturan, memiliki makna yang sama.

Kita sudah mengetahui dna juga memahami arti dari pengertian etika, sudah selayaknya kita mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita bertemu dengan guru di sekolah hendaknya kita mengucap salam dan mencium tangan guru tersebut, jika kita berpapasan dengan teman atau kerabat hendaknya kita menyapa atau mengucap salam. Tentu peraturan yang mengikat tersebut,  yang mengatur tentang cara kita bagaimana berprilaku yang baik meninggalkan dampak yang positif. Kita bisa tetap menjaga tali persaudaraan dengan sesama, kita juga bisa menjadi contoh bahkan tauladan bagi orang disekitar kita. Pengertian etika menurut para ahli ini semoga ada manfaat yang bisa kita temukan dan kita praktikan agar kita dapat hidup berdampingan dengan baik dan juga dapat menciptakan kehidupan yang lebih sejahtera.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian komunikasi , pengertian email , pengertian sejarah , pengertian etika , pengertian bank , pengertian puisi , pengertian budaya , pengertian kewirausahaan

Related Posts