Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sebelum mempelajari mengenai pengertian laporan keuangan menurut para ahli, sebaiknya kita memahami laporan keuangan secara umum terlebih dahulu. Pada umumnya, laporan keuangan itu terdiri dari neraca, laporan laba-rugi, serta laporan perubahan modal, tetapi dalam praktik keseharian sering pula diikutsertakan kelompok lain yang sifatnya membantu memperoleh penjelasan, seperti laporan sumber dan penggunaan kas atau arus kas, laporan biaya produksi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, laporan keuangan dapat dipakai sebagai alat berkomunikasi dengan pihak-pihak berkepentingan dengan data keuangan perusahaan, dan karena itulah sering juga disebut sebagai  language of business. Laporan keuangan pada perusahaan merupakan hasil akhir dari kegiatan akuntansi (siklus akuntansi) yang mencerminkan kondisi keuangan dan hasil operasi perusahaan.

2

                Untuk lebih memahami, berikut ini pengertian laporan keuangan menurut para ahli. Karena kaitannya dengan bidang perekonomian, istilah laporan keuangan lebih banyak dikemukakan oleh para ahli ekonomi.

  • Menurut Myer, laporan keuangan adalah dua daftar yang disusun oleh akuntan pada akhir periode untuk suatu perusahaan. Kedua daftar itu berupa neraca atau daftar posisi keuangan dan daftar pendapatan atau rugi-laba.
  • Menurut Soemarso, laporan keuangan adalah hubungan antara satu angka dalam laporan keuangan dengan angka lain yang mempunyai makna atau dapat menjelaskan arah perubahan suatu fenomena.
  • Menurut Munawir, laporan keuangan adalah bersifat historis dan menyeluruh sebagai suatu laporan kemajuan.
  • Menurut Sofyan S. Harahap, laporan keuangan adalah laporan yang menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan pada saat tertentu atau jangka waktu tertentu.
  • Menurut Zaki Baridwan, laporan keuangan adalah ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan, dan transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama satu tahun buku yang bersangkutan.
  • Menurut Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim, laporan keuangan adalah laporan yang diharapkan bisa memberi informasi mengenai perusahaan, dan digabungkan dengan informasi yang lain, seperti industri, kondisi ekonomi, bisa memberikan gambaran yang lebih baik mengenai prospek dan risiko perusahaan.

                Dari pengertian di atas diketahui bahwa laporan keuangan merupakan hasil tindakan pembuatan ringkasan data keuangan perusahaan. Leporan keuangan tersebut terdiri atas empat laporan dasar. Keempat laporan dasar ini wajib ada dalam sebuah laporan keuangan. Pertama, neraca yang menunjukkan posisi keuangan. Kedua, laporan rugi-laba yang menyajikan hasil usaha perusahaan yang meliputi pendapatan dan biaya yang dikeluarkan. Ketiga, laporan perubahan modal atau laba ditahan yang memuat mengenai saldo awal dan akhir. Dan yang keempat, laporan arus kas yang memperlihatkan aliran kas selama periode tertentu serta memberikan informasi terhadap sumber-sumber kas.

                Berdasarkan semua paparan di atas, mengenai pengertian laporan keuangan menurut para ahli dan empat macam laporan dasar, kita bisa memberikan kesimpulan bahwa laporan keuangan harus bisa mencerminkan dan memberikan gambaran yang aktual tentang kondisi keuangan suatu perusahaan. Seorang ahli akuntan dalam suatu perusahaan harus bisa memberikan laporan keuangan yang sangat baik dan bisa dipertanggungjawabkan. Dalam laporan keuangan juga dibutuhkan kemampuan analisis keuangan yang benar. Hal ini dibutuhkan untuk menemukan kelemahan konerja keuangan di suatu perusahaan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian url  , pengertian riba , pengertian laporan keuangan , pengertian gender , pengertian kinerja , pengertian bola basket , pengertian hukum perdata , pengertian difusi , pengertian metabolisme , pengertian statistika , pengertian sistem pemerintahan

Related Posts