Pengertian Statistika Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Bagi Anda yang melakukan sebuah penelitian atau tengah menyusun sebuah karya ilmiah, istilah statistika menjadi hal yang sangat umum. Untuk lebih memudahkan Anda dalam proses pengerjaannya, ada baiknya bila Anda lebih memahami pengertian statistika menurut para ahli. Secara sederhana, statistika bisa diartikan sebagai data. Lalu, secara lebih luas statistika didefinisikan kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka yang disusun dalam bentuk tabel atau daftar dan atau diagram yang menggambarkan atau berkaitan dengan suatu masalah tertentu. Umumnya suatu data diikuti atau dilengkapi dengan keterangan-keterangan yang berkaitan dengan suatu peristiwa atau keadaan tertentu.

9

                Setelah mengetahui pengertian statistika secara sederhana dan luas, berikut ini adalah pendapat-pendapat yang dikemukakan oleh para pakar. Beberapa pengertian statistika menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  • Menurut Prof. Dr. H. Agus irianto, statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.
  • Menurut Anderson dan Bancrof, statistika adalah ilmu dan seni pengembangan dan penerapan metode yang paling efektif untuk kemungkinan salah dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan menggunakan penalaran induktif berdasarkan matematika probabilitas.
  • Menurut Prof. Drs. Sutrisno Hadi, MA., statistik adalah cara untu mengolah data dan menarik kesimpulan-kesimpulan yang teliti dan keputusan-keputusan yang logik dari pengolahan data.
  • Menurut Margueritte F. Hall, statistika adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisis, dan menyimpulkan atau mengadakan penafsiran data yang berbentuk angka.
  • Menurut Ir. M. Iqbal Hasan, MM., statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data, yaitu tentang pengumpulan, pengolahan, penganalisisa, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka.
  • Menurut Syamsuddin, statistika adalah daya yang berbentuk angka, baik yang belum disusun maupun uang sudah tersusun dalam daftar dan disajikan ke dalam bentuk grafik.
  • Menurut Stoel dan Torrie, statistik adalah metode yang memberikan cara-cara guna menilai ketidaktentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.
  • Menurut Anto Dajan, statistik adalah metode/asas-asas mengerjakan/memanipulasi data kuantitatif agar angka-angka tersebut berbicara.
  • Menurut Suntoyo Yitnosumarto, statistik adalah studi informasi dengan mempergunakan metodologi dan teknik-teknik perhitungan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul di berbagai bidang.
  • Menurut Sudjana, statistika (statistik) adalah ilmu terdiri dari teori dan metoda yang merupakan cabang dari matematika terapan dan membicarakan tentang bagaimana mengumpulkan data, bagaimana meringkas data, mengolah dan menyajikan data, bagaimana menarik kesimpulan dari hasil analisis, bagaimana menentukan keputusan dalam batas-batas resiko tertentu berdasarkan strategi yang ada.

                Statistika bisa dibagi menjadi dua, yakni statistika deskriptif dan statistika inferensi. Sama halnya dengan pengertian statistika menurut para ahli, dua macam statistika ini juga memiliki pengertian yang berbeda. Statistika deskriptif adalah statistika yang meliputi kegiatan-kegiatan pengumpulan, penyajian, penyederhanaan atau penganalisisan, dan penentuan ukuran-ukuran khusus dari suatu data tanpa penarikan kesimpulan. Sedangkan statistika inferensi adalah ilmu mengenai penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan tentang makna statistik yang telah dihitung.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian url  , pengertian riba , pengertian laporan keuangan , pengertian gender , pengertian kinerja , pengertian bola basket , pengertian hukum perdata , pengertian difusi , pengertian metabolisme , pengertian statistika , pengertian sistem pemerintahan

Related Posts