Pengertian Evolusi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Teori mengenai evolusi telah menjadi banyak perbincangan di kalangan masyarakat. Sudah bukan rahasia lagi bahwa evolusi merupakan salah satu ilmu yang menarik untuk dipelajari. Teori mengenai evolusi yang paling terkenal adalah teori evolusi manusia yang dikemukakan oleh Darwin. Namun, akhir-akhir ini teori tersebut dipertanyakan kebenarannya dan masih dikaji oleh banyak ahli. Lalu, apa sebenarnya evolusi itu? Mengapa para ahli sangat tertarik menelitinya sehingga banyak muncul pengertian evolusi menurut para ahli yang juga banyak dipelajari.

Istilah evolusi berasal dari bahasa Latin evolvere yang bermakna membuka gulungan. Secara umum, evolusi adalah suatu teori yang mengungkapkan hipotesis mengenai perkembangan suatu makhluk hidup sejak sel pertama hingga menjadi makhluk hidup seperti sekarang ini. Evolusi juga bisa dimaknai sebagai suatu proses perubahan pada makhluk hidup yang terjadi secara berangsur dalam jangka waktu lama sehingga terbentuk spesies baru. Pendapat lain dikemukakan oleh pakar Biologi yang berpendapat bahwa evolusi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari mengenai sejarah dan asal-usul makhluk hidup serta keterkaitan genetic antara mkhluk yang satu dengan makhluk yang lainnya.

4

Pengertian evolusi menurut para ahli terangkum dalam teori-teori evolusi yang dikemukakan oleh banyak pakar di bidangnya masing-masing. Teori evolusi adalah suatu kajian yang membahas mengenai kejadian makhluk hidup yang bisa beraneka ragam di bumi ini. Berikut ini beberapa teori evolusi yang disampaikan oleh para ahli.

  • Teori evolusi menurut Charles Darwin (ahli Biologi), menyatakan bahwa makhluk hidup selalu mengalami perubahan secara berangsur dalam waktu yang relatif lama dan mengakibatkan timbulnya sifat-sifat baru. Makhluk hidup sekarang dikatakan berbeda dengan makhluk hidup di masa lalu karena memang telah mengalami perubahan, baik dari segi fisik maupun psikis.
  • Teori evolusi menurut Jean Lamarck, menyatakan bahwa evolusi organik terjadi karena perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan dan dapat diturunkan. Organ yang sering digunakan akan berkembang makin sempurna, sedangkan yang tidak pernah digunakan lama kelamaan perkembangannya akan menurun.
  • Teori evolusi penciptaan menurut Armagh dan Archbishop Usser, menyatakan bahwa bumi dan kehidupan yang ada di dalamnya diciptakan oleh Tuhan pada waktu yang telah ditentukan.

Tidak semua proses perubahan dikatakan sebagai evolusi, hanya perubahan dengan ciri-ciri tertentu yang bisa dikategorikan sebagai sebuah evolusi. Ciri-ciri sebuah perubahan dikatakan sebagai proses evolusi adalah bila sebagai berikut. Pertama, perubahan terjadi pada suatu populasi, bukan merupakan perubahan individu. Kedua, perubahan hanya tejadi pada frekuensi gen-gen tertentu dan sebagian besar sifat gen tidak berubah. Ketiga, harus terjadi perubahan genetik dalam evolusi. Dan keempat, harus ada faktor pengarah perubahan sehingga evolusi merupakan sebuah perubahan yang selektif, misalnya faktor lingkungan.

Demikian paparan mengenai pengertian evolusi menurut para ahli beserta beberapa teori evolusi yang merupakan hasil penelitian para pakar. Evolusi pada dasarnya merupakan suatu perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia. Perubahan tersebut bisa terjadi pada berbagai aspek kehidupan dan biasanya berlangsung dalam waktu yang tidak sebentar. Dengan adanya perubahan diharapkan kehidupan di bumi ini menjadi lebih baik dan pastinya banyak memberikan keuntungan bagi makhluk hidup di dalamnya.

Related Posts