Pengertian Sistem Pemerintahan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Setiap negara memiliki sistem pemerintahan yang berbeda dan berbasis pada kepercyaan yang berbeda pula. Sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnyalah kita memahami sistem pemerintahan di negara kita sendiri. Memahaminya bisa dengan jalan mengetahui beberapa pengertian sistem pemerintahan menurut para ahli yang bisa dipelajari melalui berbagai sumber. Dengan begitu, kita bisa lebih menumbuhkan jiwa nasionalisme dan perasaan cinta tanah air dengan ikut serta dalam sistem pemerintahan. Pada dasarnya sistem pemerintahan menyangkut bagaimana mengatur bekerjanya komponen-komponen utama dalam sebuah negara, terutama pada tingkat lembaga eksekutif dan legislatif.

10

                Sistem pemerintahan bisa diartikan dalam dua pengertian, yakni pengertian secara sempit dan pengertian secara luas. Keduanya dijelaskan sebagai berikut.

  • Sistem pemerintahan dalam arti sempit, yaitu penyelenggaraan pemerintah eksekutif ataupun pemerintahan yang meliputi presiden, wakil presiden, dan para menteri.
  • Sistem pemerintahan dalam arti luas, yaitu penyelenggaraan sistem pemerintahan yang dibagi menurut pembagian kekuasaannya ke dalam garis yang bersifat horizontal dan vertikal. Secara horizontal, bagan organisasi negara dibagi ke dalam fungsi-fungsi yang didasarkan atas perbedaan sifat pekerjaan atau tugasnya, sehingga menghadirkan bentuk organisasi yang berbeda-beda. Adapun pembagian organisasi negara secara vertikal, melahirkan garis hubungan antara pusat dan daerah ataupun pemerintah federal dengan pemerintah negara bagian.

                Untuk melengkapi kedua pengertian di atas, kita juga bisa membekali pengetahuan dengan memahami pengertian sistem pemerintahan menurut para ahli. Kali ini pakar yang akan menyampaikan pendapatnya adalah Hamid S. Attamimi. Mengapa beliau? Karena pendapat beliau seringkali dipakai dalam berbagai bidang ilmu dan dikutip di banyak buku. Menurut beliau, sistem pemerintahan adalah bagian-bagian dari pemerintahan, masing-masing memiliki tugas dan fungsinya sendiri-sendiri. Namun, secara keseluruhan bagian-bagian itu merupakan suatu kesatuan yang harus bekerjasama secara rasional demi tercapainya suatu tujuan negara yang telah direncanakan. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem pemerintahan adalah sistem hubungan fungsional antarlembaga negara dalam menjalankan kekuasaannya didalam suatu negara untuk mencapai tujuan.

                Sistem pemerintahan bisa dibagi menjadi dua jenis, yakni presidensial dan parlementer. Kedua sistem pemerintahan tersebut memiliki ciri, kelebihan, dan kekurangan yang berbeda-beda. Secara pengertian sistem pemerintahan presidensial adalah sistem pemerintahan di mana kepala pemerintahan dipegang oleh presiden dan pemerintah tidak bertanggung jawab kepada parlemen. Menteri bertanggung jawab kepada presiden karena presiden berkedudukan sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Sistem pemerintahan inilah yang dianut oleh Indonesia. Sedangkan sistem pemerintahan parlemeneter adalah sebuah sistem pemerintahan di mana parlemen memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Parlemen memiliki wewenang dalam mengangkat perdana menteri dan dapat menjatuhkan pemerintahan dengan cara mengeluarkan semacam mosi tidak percaya.

                Berdasarkan semua penjelasan di atas, baik secara pengertian maupun jenisnya, kita bisa lebih memahami apa itu sistem pemerintahan. Pengertian sistem pemerintahan menurut para ahli juga berperan penting dalam proses pemahaman tersebut. Sistem pemerintahan bisa menjadi penjaga kestabilan dalam masyarakat, menjaga tingkah laku kaum mayoritas maupun minoritas, menjaga fondasi pemerintahan, menjaga kekuatan politik, pertahanan, ekonomi, dan keamanan sehingga menjadi sistem pemerintahan yang kontinyu dan demokrasi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian sistem pemerintahan , pengertian ilmu pengetahuan , pengertian bioteknologi , pengertian tari , pengertian polusi , pengertian keyboard , pengertian pembangunan , pengertian persepsi , pengertian pariwisata , pengertian reformasi

 

Related Posts