Pengertian Bioteknologi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar istilah bioteknologi? Secara harfiah, bioteknologi diartikan sebagai ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip biologi. Lalu, bagaimana dengan pengertian bioteknologi menurut para ahli? Sebelum menuju ke arah itu, kita pahami terlebih dahulu konsep mengenai bioteknologi. Pada dasarnya bioteknologi tidak bisa lepas dari mikroorganisme sebagai subjek atau pelaku. Mikroorganisme yang dimaksud di sini adalah virus, bakteri, cendawan, alga, protozoa, tanaman, maupun hewan. Pemanfaatan mikroorganisme dalam ilmu bioteknologi sangat membantu manusia untuk mengatasi berbagai masalah, misalnya di bidang makanan, pengobatan, industri, limbah, dan pertanian.

                Sejak dulu, bioteknologi secara sederhana telah dikenal oleh manusia sejak abad ke-19. Contoh konkritnya adalah di bidang teknologi pangan dalam pembuatan bir, roti, dan keju. Selain itu juga telah diterapkan dalam pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas-varietas baru di bidang pertanian, pemuliaan dan reproduksi hewan. Sedangkan di bidang medis, bioteknologi telah diterapkan dengan penemuan vaksin, antibiotik, dan insulin walaupun proses fermentasi masih belum sempurna. Saat ini, bioteknologi semakinn berkembang dengan pesatnya, terutama di negara-negara maju. Teknologi yang semakin maju ini memungkinkan tenaga-tenaga ahli untuk menyembuhkan berbagai penyakit langka di dunia. Dengan demikian, pengertian bioteknologi secara umum adalah meningkatkan kualitas suati organisme melalui aplikasi teknologi yang semakin waktu semakin dikembangkan.

2

                Selain pengertian secara umum di atas, ada pula pengertian bioteknologi menurut para ahli untuk lebih menegaskannya. Berikut ini adalah beberapa definisi yang dikemukakan oleh para pakar di bidangnya masing-masing.

  • Menurut Bull, bioteknologi adalah upaya penerapan prinsip-prinsip ilmiah dan rekayasa pengolahan bahan oleh agen-agen biologi, seperti mikroorganisme, sel tumbuhan, sel hewan, manusia, dan enzim untuk menyediakan barang dan jasa.
  • Menurut Shiva, bioteknologi adalah teknologi pemanfaatan organisme atau produk organisme yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa.
  • Menurut Federasi Bioteknologi Eropa, bioteknologi adalah aplikasi terpadu biokimia, mikrobiologi, dan rekayasa genetika dengan tujuan untuk mendaoatkan aplikasi teknologi dengan kapasitas biakan mikroba, sel, atau jaringan di bidang industri, kesehatan, dan pertanian.
  • Menurut Sardoko, bioteknologi adalah proses-proses biologi oleh mikroorganisme yang dimanfaatkan oleh dan untuk kepentingan manusia.

                Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, bioteknologi dimaknai sebagai upaya rekayasa organisme untuk menghasilkan barang dan jasa yang penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, di dalam bioteknologi itu terdapat 4 hal yang penting. Pertama, bahan yang diproses sebagai bahan masukan atau input. Kedua, makhluk hidup yang menyelenggarakan proses. Ketiga, prinsip-prinsip ilmu yang mendasari semua proses. Dan yang keempat, hasil berupa produk atau jasa sebagai keluaran atau output.

                Selain pengertian bioteknologi menurut para ahli di atas, pengertian bioteknologi juga bisa dibagi menjadi dua, yakni bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Bioteknologi konvesional adalah sebuah penerapan bioteknologi untuk menghasilkan produk yang hanya menggunakan organisme sebagai pengubah bentuk dan gizi melalui fermentasi, misalnya pembuatan keju, yogurt, tapai, dan lain-lain. Sedangkan bioteknologi modern adalah proses memproduksi produk dan jasa dengan menggunakan peralatan canggih sehingga produk dan jasa yang dihasilkan dijamil kesterilannya, kualitasnya, serta dapat diproduksi dalam jumlah besar.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian sistem pemerintahan , pengertian ilmu pengetahuan , pengertian bioteknologi , pengertian tari , pengertian polusi , pengertian keyboard , pengertian pembangunan , pengertian persepsi , pengertian pariwisata , pengertian reformasi

Related Posts