Pengertian Reformasi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                istilah reformasi sering sekali diteriakkan oleh para mahasiswa dalam kegiatan unjuk rasa. Entah mereka paham atau tidak mengenai pengertian reformasi sebenarnya. Termasuk pengertian reformasi menurut para ahli. Mengapa perlu memahaminya? Tentu saja, berunjuk rasa berarti menuntut sesuatu. Bagaimana mungkin mereka menuntut sesuatu yang masih belum terlalu mereka pahami? Untuk itu perlu memahami mengenai reformasi. Istilah reformasi berasal dari kata reformation yang secara semantic bermakna perkembangan yang menyebabkan tuntutan terhadap pembaruan dan perubahan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan perkembangan tersebut. Dalam hal ini, proses reformasi bukanlah proses perubahan yang radikal dan berlangsung dalam jangka waktu singkat, tetapi merupakan proses perubahan yang terencana dan bertahap.

10

                Secara harfiah, reformasi bermakna suatu gerakan untuk memformat ulang, menata ulang, atau menata kembali hal-hal yang menyimpang untuk dikembalikan pada format atau bentuk semula sesuai dengan nilai-nilai ideal yang dicita-citakan rakyat. Sampai saat ini, istilah reformasi masih sangat didambakan perwujudannya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang diarahkan pada terwujudnya efisiensi, efektivitas, dan clean government. Reformasi haruslah dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari pejabat tinggi, seperti presiden dalam suatu negara atau menteri/kepala lembaga pada suatu departemen. Reformasi biasa dikaitkan dengan istilah birokrasi, sehingga muncullah frasa reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi pada dasarnya adalah upaya untuk melakukan pembaruan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan, dan sumber daya manusia aparatur.

                Berikut ini beberapa pengertian reformasi menurut para ahli. Definisi ini dikemukakan berdasarkan pemahaman mereka mengenai reformasi dari berbagai segi. Termasuk pula pengertian reformasi birokrasi yang saling berkaitan erat.

  • Menurut Khan, reformasi adalah suatu perubahan pokok dalam suatu sistem birokrasi yang bertujuan mengubah struktur, tingkah laku, dan keberadaan atau kebiasaan yang telah lama.
  • Menurut Quah, reformasi adalah suatu proses untuk mengubah proses, prosedur birokrasi publik dan sikap serta tingkah laku birokrat untuk mencapai efektivitas birokrasi dan tujuan pembangunan nasional.
  • Menurut Susanto, dilihat dari aspek perkembangan masyarakat tersebut maka terjadilah keseimbangan antara tuntutan ekonomi, politik, sosial dan hukum, keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta konsensus antara prinsip-prinsip dalam masyarakat.

                Suatu gerakan reformasi memiliki kondisi syarat-syarat sebagai berikut :

  • Pertama, suatu gerakan reformasi dilakukan karena adanya suatu penyimpangan-penyimpangan.
  • Kedua, suatu gerakan reformasi dilakukan harus dengan suatu cita-cita yang jelas (landasan ideologis) tertentu, dalam hal ini Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia.
  • Ketiga, suatu gerakan reformasi dilakukan dengan berdasar pada suatu acuan reformasi. Reformasi pada prinsipnya gerakan untuk mengadakan suatu perubahan untuk mengembalikan pada suatu tatanan struktural yang ada, karena adanya suatu penyimpangan.
  • Keempat, reformasi diakukan ke arah suatu perubahan kearah kondisi serta keadaan yang lebih baik dalam segala aspeknya antara lain bidang politik, ekonomi, sosial budaya, serta kehidupan keagamaan.
  • Kelima, reformasi dilakukan dengan suatu dasar moral dan etik sebagai manusia yang berketuhanan Yang Yaha Esa, serta terjaminnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Atas dasar lima syarat-syarat di atas, selain pengertian reformasi menurut para ahli, maka gerakan reformasi harus tetap diletakkan dalam kerangka perspektif pancasila sebagai landasan cita-cita dan ideologi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian reformasi , pengertian desain grafis , pengertian metode pembelajaran , pengertian al quran , pengertian indikator , pengertian hotel , pengertian pengangguran , pengertian perencanaan , pengertian masalah , pengertian marketing , pengertian promosi

 

Related Posts