Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sebelum mempelajari mengenai pengertian hotel menurut para ahli, kita mulai dengan sejarahnya terlebih dahulu. Sejarah hotel modern dimulai pada abad ke-18 di Eropa dan Amerika. Hotel pertama didirikan tahun 1774 bernama Hotel Convent Garden. Hotel ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap di zamannya dengan jumlah kamar yang banyak. 20 tahun kemudian muncullah City Hotel di New York dengan kapasitas 170 kamar dan merupakan hotel yang sangat terkenal pula. Selanjutnya, industri perhotelan semakin berkembang dengan pesatnya. Memasuki abad ke-19, hotel-hotel modern semakin bermunculan dan didirikan di banyak kota-kota besar di dunia, seperti London, Paris, Boston, San Francisco, dan kota-kota lainnya. Kegunaan hotel tak lagi hanya sebagai tempat menginap, melainkan sudah berkembang sebagai tempat pertemuan dan konferensi.

                Setelah perang dunia I sekitar abad ke-20, jumlah hotel semakin banyak. Hal ini seiring dengan berkembangnya transportasi massal yang semakin bertambah. Hotel-hotel modern baru bermunculan di kota-kota bisnis dan pariwisata yang dikunjungi banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Berkembangnya dunia pariwisata di dunia juga menjadi pengaruh hebat bagi perkembangan jumlah dan jenis-jenis hotel. Semakin berkembang dari waktu ke waktu, sebuah organisasi perhotelan di Amerika memiliki ide untuk membuat sistem frenchise. Mereka melebarkan sayap bisnis perhotelannya ke luar negeri dengan membuat perusahaan perhotelan yang luas, salah satu contoh cabangnya yang berada di Indonesia adalah Hotel J.W. Marriots di Jakarta.

6

                Sejarah perhotelan di atas menjadi lebih lengkap bila kita juga mengetahui pengertian hotel menurut para ahli. Berikut ini adalah definisi hotel yang dipaparkan oleh para pakar.

  • Menurut Prof K. Kraft, hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan makanan dan pelayanan yang bersangkutan mengadakan perjalanan.
  • Menurut Menteri Perhubungan, hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan penginapan berikut makan dan minum.
  • Menurut Keputusan Menteri SK 241/H/70 Thn/1970, hotel adalah perusahaan yang memberikan layanan jasa dalam bentuk penginapan atau akomodasi serta menyediakan hidangan dan fasilitas lainnya untuk umum yang memenuhi syarat-syarat comfort, privacy dan bertujuan komersional.
  • Keputusan Menparpostel No. KM 37/PW.340/MPPT-86, hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.
  • Menurut American Hotel and Association, hotel adalah suatu tempat di mana disediakan penginapan, makan dan minum, serta pelayanan lainnya, untuk disewakan bagi orang-orang yang tinggal untuk sementara waktu.
  • Menurut Webster, hotel adalah suatu bangunan atau lembaga yang menyediakan kamar untuk menginap, makanan, dan minuman, serta pelayanan lainnya untuk umum.

                Berdasarkan pengertian hotel menurut para ahli di atas, kita bisa menyimpilkan bahwa hotel adalah sebuah tempat penginapan modern yang digunakan sementara waktu bagi orang yang melakukan perjalanan. Hotel memiliki klasifikasi yang beragam, terdiri dari hotel berbintang satu, dua, tiga, empat, dan lima. Pemberian bintang berdasarkan jumlah kamar dan fasilitas yang adal di dalamnya. Klasifikasi tersebut ditentukan oleh SK Menparpostel RI No. PM/PW 301?PHB-77.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian reformasi , pengertian desain grafis , pengertian metode pembelajaran , pengertian al quran , pengertian indikator , pengertian hotel , pengertian pengangguran , pengertian perencanaan , pengertian masalah , pengertian marketing , pengertian promosi

Related Posts