Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dalam dunia pendidikan, sebuah metode sangat dibutuhkan, khususnya bagi pembelajaran di dalam kelas. Seorang guru harus bisa menemukan metode pebelajaran yang baik dan tepat untuk materi yang akan disampaikan kepada siswanya. Metode pembelajaran yang tepat akan memudahkan siswa dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan. Dengan metode yang tepat pun, kesulitan guru dalam menyampaikan materi bisa diminimalisasikan. Konsep mengenai metode pembelajaran tak hanya harus dipahami oleh seorang guru saja. Siapapun juga diharapkan bisa memahaminya karena pendidikan sangat penting bagi masa depan kita semua. Sesungguhnya, apa itu metode pembelajaran? Bagaimana pula pengertian metode pembelajaran menurut para ahli?

                Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada umumnya metode pembelajaran klasikal hanya memperhatikan satu aspek saja, yakni aspek penyampaian informasi. Sedangkan sebagai pendidik yang profesional, seorang pendidik itu harus dapat merangsang terjadinya proses berpikir, harus mampu membantu tumbuhnya sikap kritis, serta mampu mengubah pola pikir peserta didiknya. Sehingga diperlukan penggunaan bentuk atau metode mengajar lainnya yang sifatnya lebih efektif dan efisien.

22

                Banyak pakar yang mencoba mengartikan metode pembelajaran. Berikut ini beberapa pengertian metode pembelajaran menurut para ahli.

  • Menurut M. Bayiruddin Usman, metode pembelajaran adalah suatu cara penyampaian bahan pelajaran untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
  • Menurut Nana Sudjana, metode pembelajaran adalah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran.
  • Menurut Ahmad Sabri, metode pembelajaran adalah cara-cara atau teknik penyajian bahan pelajaran, baik secara individual atau kelompok.
  • Menurut M. Sobri Sutikno, metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.
  • Menurut Mahmud Yunus, metode atau cara mengajar adalah jalan yang akan ditempuh oleh pendidik untuk memberikan berbagai pelajaran kepada murid-murid dalam berbagai jenis mata pelajaran.
  • Menurut Gerlach dan Elly, metode pembelajaran adalah rencana yang sistematis untuk menyampaikan informasi.
  • Menurut Abu Ahmadi dan Soro Tri Prosetyo, metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh seorang pendidik atau instruktur.

                Dari pengertian metode pembelajaran menurut para ahli di atas, proses pembelajaran bisa dilakukan di dalam dan di luar kelas. Ada berbagai macam metode pembelajaran yang bisa diterapkan dalam mengajar siswa di kelas maupun di luar kelas. Metode yang dipilh dapat dipengaruhi oleh banyak hal, misal jenis materi yang disampaikan, jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran, situasi saat pembelajaran, dan kemampuan rata-rata siswa dalam suatu kelas. Macam metode pembelajaran yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Metode ceramah, yakni jenis metode menuturkan atau menyampaikan materi yang sudah ada di dalam buku secara lisan.
  • Metode diskusi, yakni bertukar informasi, ide, gagasan, atau pendapat secara sistematis.
  • Metode demonstrasi, yakni menunjukkan cara melakukan atau mengerjakan sesuatu secara langsung di depan siswa.
  • Metode simulasi, yakni memberikan pembelajaran melalui sebuah kejadian tiruan dari materi yang disampaikan.
  • Metode resitasi, yakni penugasan di luar ruangan kelas, bisa di perpustakaan, lapangan sekolah, laboratorium, taman, dan sebagainya sehingga siswa bisa bersosialisasi dengan lingkungannya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian reformasi , pengertian desain grafis , pengertian metode pembelajaran , pengertian al quran , pengertian indikator , pengertian hotel , pengertian pengangguran , pengertian perencanaan , pengertian masalah , pengertian marketing , pengertian promosi

Related Posts