Pengertian Indikator Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian indikator menurut para ahli akan dibahas dalam artikel ini. Sebelumnya, kita bicarakan terlebih dahulu mengenai indikator secara umum. Dalam dunia pembelajaran, istilah indikator akan selalu ditemukan saat akan memulia bab baru dalam sebuah materi. Salah satu pertimbangan dalam menentukan indikator adalah karakteristik dari mata pelajaran tertentu, misalnya pelajaran bahasa tentunya memiliki karakteristik berbeda dengan mata pelajaran eksak (matematika, fisika, kimia, dan lain-lain). Siswa dikatakan tuntas dalam sebuah materi bila ia telah mampu mencapai indikator-indikator yang telah ditentukan tersebut. Dalam mengajarkan sebuah bab atau tema pelajaran, guru diharapkan dapat melakukan penilaian secara berkesinambungan untuk mengetahui apakah siswa sudah bisa mencapai indikator-indikator tersebut.

5

                Proses pembuatan indikator tidaklah sembarangan, melainkan ada pedoman-pedoman untuk merancangnya. Salah satu pedomannya adalah standar kompetensi pembelajaran. Tujuan dibentuknya indikator adalah agar siswa bisa dinilai secara objektif. Bila terjadi kesalahan dalam perumusan indikator, kendala dalam proses pembelajaran juga akan terjadi, entah pada proses penyampaian materi maupun penilaiannya. Setiap indikator pembelajaran harus terus dikembangkan dan direvisi sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat itu, tentunya dengan memperhatikan beberapa hal, yakni:

  • Tuntutan kompetensi peserta didik.
  • Karakter yang dimiliki siswa dan sekolah.
  • Potensi yang ingin dikembangkan.
  • Kebutuhan siswa, lingkungan, dan masyarakat.

                Lalu, bagaimana dengan pengertian indikator menurut para ahli? Hal tersebut masih sangat perlu untuk diketahui. Berikut ini adalah paparan beberapa definisi indikator yang telah dikemukakan oleh para ahli.

  • Menurut WHO, indikator adalah variabel yang membantu kita dalam mengukur perubahan-perubahan yang terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Menurut Darwin Syah, indikator adalah tanda atau ciri-ciri siswa sudah mampu memenuhi kompetensi dasar yang diterampkan.
  • Menurut Wilson dan Sapanuchart, indikator adalah suatu ukuran tidak langsung dari suatu kejadian atau kondisi. Misalnya berat badan bayi berdasarkan umur adalah indikator bagi status gizi bayi tersebut.
  • Menurut Buku Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota – Kepmenkes RI, indikator adalah variabel yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau status dan memungkinkan dilakukannya pengukuran terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.
  • Menurut Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat, indikator ialah statistik dari hal normatif yang menjadi perhatian kita yang dapat membantu kita dalam membuat penilaian ringkas, komprehensif, dan berimbang terhadap kondisi-kondisi atau aspek-aspek penting dari suatu masyarakat.
  • Menurut Green, indikator ialah variabel-variabel yang mengindikasikan atau memberi pentunjuk kepada kita tentang suatu keadaan tertentu, sehingga dapat digunakan untuk mengukur perubahan.

                Dari pengertian indikator menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan secara singkat mengenai indikator sebagai berikut. Indikator merupakan ukuran, karakteristik, ciri-ciri, pembuatan atau proses yang berkontribusi atau menunjukkan ketercapaian suatu kompetensi dasar. Indikator dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur, seperti: mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan kembali, mempraktikkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan.Indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari setiap kompetensi dasar merupakan acuan yang digunakan untuk melakukan penilaian.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian reformasi , pengertian desain grafis , pengertian metode pembelajaran , pengertian al quran , pengertian indikator , pengertian hotel , pengertian pengangguran , pengertian perencanaan , pengertian masalah , pengertian marketing , pengertian promosi

Related Posts