Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Promosi berasal dari bahasa Inggris “promote” yang berarti meningkatkan atau mengembangkan. Pengertian tersebut jika digunakan dalam bidang penjualan berarti alat untuk meningkatkan omzet penjualan.  Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dapat mengarahkan organisasi atau seseorang untuk menciptakan transaksi antara pembeli dan penjual. Pernyataan tersebut adalah pengertian promosi secara umum, lalu bagaimana dengan pengertian promosi menurut para ahli? Promosi merupakan kegiatan terakhir dari marketing mix yang sangat penting karena sekarang ini kebanyakan pasar lebih banyak bersifat pasar pembeli di mana keputusan terakhir terjadinya transaksi jual beli sangat dipengaruhi oleh konsumen. Kegiatan promosi adalah salah satu cara perusahaan (barang/jasa) untuk meningkatkan jumlah penjualan produknya.

10

                Selain pengertian promosi menurut para ahli, dalam kegiatan promosi terdapat beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan. Kegiatan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Periklanan, yakni salah satu bentuk kegiatan promosi yang sering sekali dilakukan oleh perusahaan. Bisa melalui media massa audio, visual, atau audio visual.
  2. Personal selling, yakni kegiatan promosi yang dilakukan antar individu yang bertatap muka dengan tujuan menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
  3. Promosi penjualan, yakni bentuk kegiatan promosi dengan menggunakan alat peraga, misal demonstrasi, pameran, dan sebagainya.
  4. Publisitas, yakni kegiatan promosi melalui media massa tetapi informasi yang diberikan tidak dalam bentuk iklan melinkan berita.

                Setelah memahami pengertian secara umum dan kegiatan promosi, berikut ini adalah definisi menurut ahli. Beberapa pengertian promosi menurut para ahli berikut bisa Anda simak.

  • Menurut Indriyo Gito Sudarmo, promosi merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian menjadi senang lalu membeli produk tersebut.
  • Menurut Stanton, promosi adalah kegiatan memberikan informasi kepada konsumen, memengaruhi, dan menghimbau khalayak ramai.
  • Menurut Darwin Bangun, promosi adalah segala bentuk komunikasi marketing yang berusaha memberikan informasi, meningkatkan, dan membujuk konsumen atau lembaga-lembaga lain untuk menggunakan, memperdagangkan, atau merekomendasikan pemakaian suatu produk atau gagasan tertentu.
  • Menurut Saladin, promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, mengingatkan, dan membujuk konsumen tentang produk perusahaan.
  • Menurut Siswanto Sutojo, kegiatan promosi adalah kegiatan untuk memperkenalkan produk, meyakinkan dan mengingatkan kembali manfaat proiduk kepada para pembeli.
  • Menurut Zimmerer, promosi adalah segala macam bentuk komunikasi persuasi yang dirancang untuk menginformasikan pelanggan tentang produk atau jasa dan untuk memengaruhi mereka agar membeli barang atau jasa tersebut yang mencakup publisitas, penjualan perorangan dan periklanan.
  • Menurut Basu Swastha DM dan Irawan, promosi merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu prodak atau jasa.
  • Menurut Stanson, promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklarian, penjualan personal dan alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.
  • Menurut Lamb, Hair, dan Mc-Daniel, promosi adalah komunikasi dari para penjual yang menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan pora calon pembeli suatu produk dalam rangka mempengaruhi pendapat mereka atau memperoleh suatu respon.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian promosi , pengertian perubahan sosial , pengertian algoritma , pengertian matematika , pengertian aplikasi , pengertian modal , pengertian struktur sosial , pengertian cv , pengertian wawasan nusantara , pengertian teater , pengertian tik

 

Related Posts