Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Struktur sosial merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan. Oleh karena itu, pengertian struktur sosial menurut para ahli juga memegang peranan penting untuk dipelajari oleh masyarakat luas. Istilah struktur merujuk pada pola interaksi tertentu yang kurang lebih tetap dan mantap, yang terdiri dari jaringan relasi-relasi sosial hierarkis dan pembagian kerja, serta dilandasi oleh kaidah-kaidah, peraturan-peraturan, dan nilai-nilai sosial budaya. Dalam antropologi, konsep struktur sosial sering dianggap sama dengan organisasi sosial, terutama apabila dihubungkan dengan masalah kekerabatan dan kelembagaan atau hukum pada masyarakat yang tergolong bersahaja. Sedangkan dalam ilmu sosiologi, struktur sosial digunakan untuk menjelaskan keteraturan sosial, yaitu menunjuk pada prinsip perilaku yang berulang-ulang dengan bentuk dan cara yang sama.

6

                Struktur sosial memiliki ciri-ciri yang khas. Ciri-ciri tersebut adalah (1) muncul pada kelompok masyarakat, struktur sosial hanya bisa muncul pada individu-individu yang memiliki status dan peran. Status dan peranan masing-masing individu hanya bisa terbaca ketika mereka berada dalam suatu sebuah kelompok atau masyarakat. (2) Berkaitan erat dengan kebudayaan, kelompok masyarakat lama kelamaan akan membentuk suatu kebudayaan. Setiap kebudayaan memiliki struktur sosialnya sendiri. (3) Dapat berubah dan berkembang, masyarakat tidak statis karena terdiri dari kumpulan individu. Mereka bisa berubah dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Oleh karena itu, struktur yang dibentuk oleh mereka pun bisa berubah sesuai dengan perkembangan zamannya.

                Untuk lebih memantapkan ciri-ciri tersebut, berikut ini akan dipaparkan pengertian struktur sosial menurut para ahli.

  • Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.
  • Menurut Coleman, struktur sosial adalah sebuah pola hubungan antarmanusia dan antarkelompok manusia.
  • Menurut Abdul Syani, struktur sosial adalah suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang pokok.
  • Menurut George Simmel, struktur sosial adalah kumpulan individu serta pola perilakunya.
  • Menurut Firth, struktur sosial dianggap sama dengan organisasi sosial yang mengacu pada hubungan-hubungan sosial yang lebih fundamental yang memberikan bentuk dasar pada masyarakat, yang memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang mungkin dilakukan secara organisatoris.
  • Menurut William Kornblum, struktur sosial adalah susunan yang dapat terjadi karena adanya pengulangan pola perilaku individu.
  • Menurut D. Hendropuspito, struktur sosial adalah skema penempatan nilai-nilai sosio-budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai, demi berfungsinya organisme masyarakat sebagai suatu keseluruhan, dan demi kepentingan masing-masing bagian untuk jangka waktu yang relatif lama.
  • Menurut E.R. lanch, struktur sosial adalah cita-cita tentang distribusi kekuasaan di antara individu dan kelompok sosial.
  • Menurut Soerjono Soekanto, struktur sosial merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial pokok, yang meliputi: kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial, stratifikasi sosial, kekuasaan dan wewenang.

                Berdasarkan pengertian struktur sosial menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa struktur sosial  sosial adalah bangunan atau jaringan sosial yang mencakup hubungan sosial antara individu secara teratur pada waktu tertentu dan merupakan keadaan statis dari suatu sistem sosial.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian promosi , pengertian perubahan sosial , pengertian algoritma , pengertian matematika , pengertian aplikasi , pengertian modal , pengertian struktur sosial , pengertian cv , pengertian wawasan nusantara , pengertian teater , pengertian tik

Related Posts