Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah algoritma sangat identik dengan bidang ilmu matematika. Tentunya banyak muncul pengertian algoritma menurut para ahli matematika untuk memperjelas mengenai cabang ilmu yang satu ini. Algoritma berasal dari kata algorism yang kemudian diadopsi ke dalam bahasa Inggris algorithm, bermakna proses menghibtung dengan angka Arab. Secara umum, algoritma diartikan sebagai logika, metode, dan tahapan atau urutan sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Algoritma daoat juga diartikan sebagai urutan langkah secara sistematis dan logis. Seiring berkembangnya waktu, ilmu algoritma banyak digunakan di bidang komputer. Dalam dunia ilmu teknologi informasi pembelajaran mengenai algoritma sudah tidak asing lagi. Ilmu ini diterapkan dalam pengolahan data sehingga menghasilkan karya ilmiah.

2

                Secara spesifik, pengertian algoritma adalah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara matematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer. Selain pengertian secara umum dan spesifik di atas, masih banyak lagi pengertian dari ahli mengenai algoritma. Berikut ini beberapa pengertian algoritma menurut para ahli yang dikemukakan oleh para pakar dari seluruh dunia.

  • Menurut Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi, algorita adalah suatu Metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan.
  • Menurut Amikom Yogyakarta, algoritma adalah kumpulan instruksi dalam bentuk metode dan tahapan sistematis dalam program.
  • Menurut Goodman Hedet Niemi, algoritma adalah urut-urutan terbatas dari operasi-operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memori dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.
  • Menurut Donald E. Knuth, algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.
  • Menurut Rinaldi Munir, algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan suatu masalah.
  • Menurut Seymour Lipschutz, Ph.D dan Marc Lipson, Ph.D, algoritma adalah suatu daftar langkah-demi-langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.
  • Menurut David Bolton, algoritma adalah deskripsi dari suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.
  • Menurut Andrey Andreyevich Markov, algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.
  • Menurut Stone dan Knuth, algoritma adalah suatu seperangkat aturan yang tepat mendefinisikan urutan operasi hingga sedemikian rupa sehingga setiap aturan yang efektif, jelas hingga sedemikian rupa sehingga urutan berakhir dalam waktu yang terbatas.
  • Menurut Minsky, algoritma adalah seperangkat arutan yang membertahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana untuk bertindak.

                Dari pengertian algoritma menurut para ahli di atas, bisa diklasifikasikan bahwa algoritma bisa disajikan dalam dua bentuk, yakni dalam bentuk tulisan dan bentuk gambar.  Bila disajikan dalam bentuk tulisan harus menggunakan bahasa yang dapat dimengerti, terutama dalam mengajikan langkah-langkah algoritma. Penyajian dalam bentuk tulisan bisa dilakukan dengan pseudocode. Pseudocode berasal dari kata pseudo yang berarti “mirip atau menyerupai” dan code yang berarti “kode program”. Sedangkan, penyajian algoritma dalam bentuk gambar sering disebut flow chart.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :   pengertian promosi , pengertian perubahan sosial , pengertian algoritma , pengertian matematika , pengertian aplikasi , pengertian modal , pengertian struktur sosial , pengertian cv , pengertian wawasan nusantara , pengertian teater , pengertian tik

Related Posts