Pengertian Diskusi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dalam kegiatan berbicara, diskusi merupakan salah satu bentuk wicara yang dilakukan oleh lebih dari satu orang atau lebih dari satu kelompok. Lebih jelas sebenarnya apa itu diskusi? Bagaimana pengertian diskusi menurut para ahli yang bisa kita pelajari? Diskusi adalah suatu proses berbicara, bertukar pikiran, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan dengan tujuan mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat. Dengan berdiskusi kita bisa dapat memperluas pengetahuan serta memperoleh banyak pengalaman-pengalaman. Diskusi yang melibatkan beberapa orang disebut dengan diskusi kelompok. Dalam sebuah diskusi, khususnya diskusi kelompok, dibutuhkan seorang pemimpin yang disebut ketua diskusi.

                Diskusi berasal dari bahasa Latin, yakni discutio atau discusium yang bermakna bertukar pikiran. Namun, yang perlu dipahami adalah tidak semua kegiatan bertukar pikiran bisa disebut dengan istilah diskusi. Lebih jelasnya diskusi merupakan kegiatan tukar pikiran yang terarah, ada proses berjalannya dan hasil yang dicapai. Kegiatan diskusi bertujuan untuk memperoleh suatu kesepakatan, pengertian, dan keputusan bersama tentang suatu masalah. Unsur penting diskusi adalah adanya forum tanya jawab selama proses berdiskusi berlangsung. Dalam teknis pelaksanaannya, diskusi dibagi menjadi dua, yakni diskusi formal (resmi) dan diskusi nonformal (tidak resmi). Kedua jenis diskusi tersebut memerlukan unsur-unsur seperti materi, pelaksana (moderator, peserta, notulis, pemateri), dan perlengkapan seperti ATK dan lain-lain.

7

                Diskusi yang lebih merujuk pada kegiatan bersifat formal membuat beberapa definisi yang dibuat oleh para ahli bermunculan. Berikut ini adalah pengertian diskusi menurut para ahli.

  • Menurut Moh. Surya, diskusi adalah suatu proses bimbingan di mana murid-murid akan mendaoatkan suatu kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing dalam memecahkan masalah bersama. Dalam diskusi ini tertanam pula rasa tanggung jawab dan harga diri.
  • Menurut Moh. Uzer Usman, diskusi adalah suatu proses yang teratur yang melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang informal dengan berbagai pengalaman atau informasi, pengambilan kesimpulan atau pemecahan masalah.
  • Menurut Wikipedia, diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih atau kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka atau kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar.
  • Menurut Hasibuan, diskusi adalah suatu proses penglihatan du atau lebih individu berinteraksi secara verbal dan saling berhadapan muka mengenai tujuan atau sasaran yang sudah tertentu melalui cara tukar-menukar informasi, mempertahankan pendapat, atau pemecahan masalah.

                Dalam pelaksanaannya, ada beberapa jenis diskusi yang sering sekali digunakan dalam berbagai acara. Jenis-jenis diskusi tersebut adalah seminar, training, sarasehan atau simposium, panel, rapat, kongres, mukhtamar, lokakarya, dan konferensi. Kesemua jenis diskusi tersebut memiliki pengertian yang berbeda-beda. Tak sedikit pengertian diskusi menurut para ahli merujuk pada salah satu atau beberapa jenis diskusi tersebut. Apapun jenisnya, diskusi tetaplah sebuah proses berbicara yang tyjuannya untuk mencapai kesepakatan untuk memecahkan masalah yang sedang dibicarakan. Yang membedakan hanyalah cara, bentuk, tempat, susunan, dan jenis materi yang sedang dibahas.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian teknologi informasi , pengertian penduduk , pengertian metode , pengertian hasil belajar , pengertian multimedia , pengertian iklan , pengertian keluarga , pengertian diskusi , pengertian dns , pengertian puasa , pengertian antropologi

Related Posts