Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Kemajuan dunia teknologi saat ini membuat istilah multimedia menjadi istilah yang tidak asing lagi. Bahkan, di Sekolah Menengah Kejuruan dan kampus-kampus bidang IT, multimedia telah menjadi jurusan lebih khusus yang bisa dipilih oleh siswa untuk lebih mendalami mengenai teknologi tersebut. Sebenarnya, apa itu multimedia? Bagaimana pula pengertian multimedia menurut para ahli? Jika ditinjau dari segi bahasa, istilah multimedia terbentuk dari 2 kata, yakni multi yang bermakna banyak atau lebih dari satu, dan media yang bermakna alat, perantara, penghubung, atau wadah. Kedua kata tersebut digabungkan sehingga memiliki makna berbagai jenis sarana atau penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafika, animasi, teks, dan gambar dalam aplikasinya.

4

                Perkembangan dunia teknologi komputer juga turut menjadi penyumbang berkembangnya multimedia. Semakin berkembangnya suatu bahasan, maka tidak heran pula bahwa semakin banyak pula muncul pengertian multimedia menurut para ahli. Sejauh ini, ada tiga jenis multimedia, yakni multimedia interaktif, multimedia hiperaktif, dan multimedia linear. Multimedia interaktif, pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan. Multimedia hiperaktif, mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Multimedia jenis ini memiliki banyak link yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada. Multimedia linear, pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir.

                Jenis-jenis multimedia di atas menjadi lanjutan dari pengertian multimedia menurut para ahli yang akan dipaparkan di bawah ini. Berikut adalah beberapa definisi multimedia yang telah dikemukakan oleh para ahli.

  • Menurut Rosch, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video.
  • Menurut Wahono, multimedia adalah perpaduan antara teks, grafik, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan ke publik.
  • Menurut Najjar, multimedia adalah penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video, dan animasi.
  • Menurut McComick, multimedia adalah kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks.
  • Menurut Zeembry, multimedia adalah media elektronik untuk menyimpan dan menampilkan data-data.
  • Menurut Hofstetter, multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, dan gambar  bergerak (animasi dan video) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
  • Menurut Turban dan kawan-kawan, multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
  • Menurut Robin dan Linda, multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video.
  • Menurut Steinmetz, multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
  • Menurut Vaughan, multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian teknologi informasi , pengertian penduduk , pengertian metode , pengertian hasil belajar , pengertian multimedia , pengertian iklan , pengertian keluarga , pengertian diskusi , pengertian dns , pengertian puasa , pengertian antropologi

Related Posts