Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dalam dunia pendidikan, istilah hasil belajar erat kaitannya dengan nilai raport yang didapat oleh siswa. Padahal, pengertian sebenarnya mengenai hasil belajar jauh lebih luas daripada hanya sekadar gambaran angka. Hal tersebut karena belajar tidak hanya berhubungan dengan pelajaran dan nilai. Siswa atau bahkan semua orang bisa belajar banyak hal dan mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan usaha mereka. Hasil belajar yang dicapai bisa dipengaruhi oleh banyak sekali faktor, seperti lingkungan, kemauan dalam belajar, dan kegigihan dalam melakoni proses belajar tersebut. Untuk lebih jelasnya, perlulah kita mengetahui pengertian hasil belajar menurut para ahli agar makna sempit mengenai hasil belajar bisa dikikis dan diganti dengan pemaknaan yang benar.

                Secara singkat, hasil belajar didefinisikan dengan implementasi dari belajar yang menghasilkan sebuah penilaian. Berikut ini dikemukakan beberapa pengertian hasil belajar menurut para ahli.

3

  • Menurut Dimyati dan Mudjiono, hasil belajar adalah hasil yang dicapai dalam bentuk angka-angka atau skor setelah diberikan tes hasil belajar pada setiap akhir pembelajaran.
  • Menurut Nana Sudjana, hasil belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik.
  • Menurut Djamarah dan Zain, hasil belajar adalah apa yang diperoleh siswa setelah dilakukan aktivitas belajar.
  • Menurut Udin S. Winataputra, hasil belajar adalah bukti keberhasilan yang telah dicapai siswa di mana setiap kegiatan belajar dapat menimbulkan suatu perubahan yang khas.
  • Menurut Hamalik, hasil belajar adalah sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
  • pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan keterampilan proses dan dilaksanakan agar menimbulkan tingkah laku progresif dan adaptif.
  • Menurut Mulyasa, hasil belajar adalah prestasi belajar siswa secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dan derajat perubahan perilaku yang bersangkutan.
  • Menurut Suratinah Tirtonegoro, hasil belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap siswa dalam periode tertentu.
  • Menurut Winkel, hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya.
  • Menurut Darmansyah, hasil belajar adalah hasil penilaian terhadap kemampuan siswa yang ditentukan dalam bentuk angka.
  • Menurut Sudjana, hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajar.
  • Menurut Cece Rahmat, hasil belajar adalah penggunaan angka pada hasil tes atau prosedur penilaian sesuai dengan aturan tertentu.
  • Menurut Suprijono, hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, dan keterampilan.
  • Menurut Syaiful Bahri Djamarah, hasil belajar adalah hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar.

Beragamnya pengertian hasil belajar menurut para ahli di atas sebenarnya mengacu pada satu hal yang sama. Hasil belajar dimaknai sebagai penilaian, baik berupa angka maupun bukan angka, yang dicapai oleh seseorang setelah proses belajar. Penilaian tersebut bisa berupa nilai buruk dan juga baik. Hasil belajar yang dicapai oleh seseorang pada dasarnya tidak boleh dan tidak bisa direkayasa. Biarkan mereka mendapatkan penilaian sesuai dengan usaha yang telah dilakukan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian teknologi informasi , pengertian penduduk , pengertian metode , pengertian hasil belajar , pengertian multimedia , pengertian iklan , pengertian keluarga , pengertian diskusi , pengertian dns , pengertian puasa , pengertian antropologi

Related Posts