Pengertian DNS Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dalam dunia internet, DNS adalah salah satu hal yang sangat penting. Tanpa adanya DNS, kita sebagai pengguna akan kesulitan dalam mencari alamat atau web tertentu dari sebuah situs. Tahukah Anda apa itu DNS? Apa juga pengertian DNS menurut para ahli, khususnya ahli informatika? DNS merupakan kependekan dari Domain Name System. DNS diperlukan dalam dunia internet untuk memberikan nama pada sebuah alamat atau web. Nama ini akan mempermudah kita saat ingin mencari atau masuk ke dalam alamat tersebut. Sebagai contoh, bayangkan saja bila alamat sebuah situs adalah seperti ini http://478.834.109.555 , Anda akan kesulitan dalam menghafalnya. Itu baru satu alamat, silakan dibayangkan sendiri bila Anda harus menghafal banyak alamat. Oleh sebab itu dibutuhkan DNS untuk memudahkannya.

Sebelum muncul DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap lokasi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan 1 komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi. Dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini makin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan unlimited database size, dan performace yang baik. DNS adalah sebuah aplikasi services di Internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address.

8

                Berkat kehadiran DNS, setiap alamat memiliki nama-nama sendiri dan tidak ada yang sama antara satu nama dengan nama yang lainnya. Itulah hebatnya DNS dan internet di kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Dari gambaran singkat tersebut, Domain Name System (DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer. Ada beberapa DNS yang sering dipakai oleh masyarakat karena kepopulerannya, yakni Google Public DNS, OpenDNS, atau SpeedyDNS. Ketiga DNS tersebut bisa ditemui dengan mudah karena sering terpakai.

                Selain pengertian DNS menurut para ahli, kita juga perlu mengetahui apa saja fungsi DNS? Domain Name System (DNS) memiliki dua fungsi, yakni:

  1. Kerangka Peraturan pengiriman secara kontroversi menggunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal sebagai rekod TXT.
  2. Menyediakan keluwesan untuk kegagalan computer,Beberapa server DNS memberikan perlindungan untuk setiap domain. Tepatnya,Tiga belas server akar (root server)digunakan oleh seluruh dunia.

                Selain digunakan di internet, DNS juga dapat diimplementasikan ke private network atau intranet di mana DNS memiliki keunggulan sebaga berikut:

  • DNS sangat mudah karena user tidak direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama komputer).
  • IP address sebuah komputer bisa berubah namun DNS tidak mungkin berubah sehingga DNS sangat konsisten.
  • User hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari, baik di internet maupun intranet. Jadi, DNS sangat sederhana.

Demikianlah pengertian DNS menurut para ahli, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian teknologi informasi , pengertian penduduk , pengertian metode , pengertian hasil belajar , pengertian multimedia , pengertian iklan , pengertian keluarga , pengertian diskusi , pengertian dns , pengertian puasa , pengertian antropologi

Related Posts