Pengertian Keluarga Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Seorang ahli bernama Jhonson R-Leny, istilah keluarga berasal dari bahasa sansekerta. Terbentuk dari kata kula dan warga, kulawarga berarti anggota atau kelompok kerabat. Jadi, keluarga bisa diartikan secara bahasa sebagai lingkungan di mana beberapa orang masih memiliki hubungan darah. Pendapat di atas adalah definisi keluarga yang diambil secara umum dari segi bahasanya. Selain definisi di atas, masih banyak lagi pengertian keluarga menurut para ahli yang bisa kita pelajari. Sumber lain memberikan pengertian keluarga secara umum, keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

6

                Untuk melengkapi pengertian secara umum di atas, berikut ini adalah beberapa definisi keluarga menurut para pakar. Kita simak dan bandingkan secara keseluruhan pengertian keluarga menurut para ahli berikut untuk menambah pengetahuan.

  • Menurut Gillis, keluarga adalah sebagaimana sebuah kesatuan yang komlepks dengan atribut yang dimiliki tetapi terdiri dari beberapa komponen yang masing-masing mempunyai sebagaimana individu.
  • Menurut Duvall dan Logan, keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahanakan budayanya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga.
  • Menurut Departemen kesehatan RI, keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
  • Menurut Narwoko dan Suyanto, keluarga adalah lembaga sosial dasar dari mana semua lembaga atau pranata sosial lainnya berkembang.
  • Menurut Bailon dan Maglaya, keluarga adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lainnya, mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya.
  • Menurut BKKBN, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami isteri atau suami isteri dan anak-anaknya atau ibu dan anak-anaknya.
  • Menurut Salvicion dan Celis, dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, dihidupnya dalam satu rumah tangga, karena berinteraksi satu sama lain dan dalam peranannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.

                Selain beberapa pengertian keluarga menurut para ahli di atas, seorang ahli bernama Fitzpatrick memberikan pengertian keluarga yang ditinjau dari tiga sudut pandang yang berbeda, yakni pengertian secara struktural, pengertian secara fungsional, dan pengertian secara interaksional. Secara struktural, Keluarga didefenisikan berdasarkan kehadiran atau ketidakhadiran anggota keluarga, seperti orang tua, anak, dan kerabat lainnya. Secara fungsional, Keluarga didefenisikan dengan penekanan pada terpenuhinya tugas-tugas dan fungsi-fungsi psikososial. Fungsi-fungsi tersebut mencakup perawatan, sosialisasi pada anak, dukungan emosi dan materi, dan pemenuhan peran-peran tertentu. Secara interaksional, Keluarga didefenisikan sebagai kelompok yang mengembangkan keintiman melalui perilaku-perilaku yang memunculkan rasa identitas sebagai keluarga (family identity), berupa ikatan emosi, pengalaman historis, maupun cita-cita masa depan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian teknologi informasi , pengertian penduduk , pengertian metode , pengertian hasil belajar , pengertian multimedia , pengertian iklan , pengertian keluarga , pengertian diskusi , pengertian dns , pengertian puasa , pengertian antropologi

Related Posts