Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian pembelajaran menurut para ahli dan menurut kamus sudah bukan hal yang tabu lagi karena setiap hari manusia selalu mengalami proses pembelajaran. Tidak akan ada manusia yang berencana berhenti untuk belajar, apapun itu yang akan dipelajari. Proses pembelajaran sendiri dimulai sejak masih bayi, dari hal yang sederhana terus berkembang hingga hal yang paling rumit. Hal paling sederhana yang kita pelajari saat bayi adalah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Merasakan perbedaan keadaan saat berada di rahim ibu dan berada di dunia luar. Pembelajaran yang dilakukan sejak dini akan membentuk menjadi seperti apa seseorang nantinya tumbuh dewasa.

                Pengertian pembelajaran menurut para ahli membutuhkan awal terbentuknya terlebih dahulu. Pembelajaran berasal dari kata dasar belajar. Belajar adalah ilmu kehidupan yang dilakukan oleh setiap manusia yang ingin mengetahui atau melakukan sesuatu  yang baru. Dengan kata lain, belajar adalah proses setiap orang melakukan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman serta latihan yang dilakukan secara terus menerus. Seseorang dapat dikatakan telah belajar bila mampu menunjukkan perubahan perilaku atau menunjukkan hasil karya belajarnya. Belajar bisa terjadi akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon atau dapat dikatakan seperti input dan output. Oleh sebab itu, pembelajaran bisa diartikan sebagai proses serta cara dan perbuatan yang menjadikan orang menjadi belajar. Dalam dunia pendidikan, pembelajaran adalah proses interaksi pendidik dan peserta didik dengan berbagai sumber dan media pada suatu lingkungan belajar.

6

                Untuk lebih memahami mengenai pembelajaran, berikut ini adalah pengertian pembelajaran menurut para ahli.

  • Menurut Warsita, pembelajaran adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik.
  • Menurut Slavin, pembelajaran adalah perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.
  • Menurut Sudjana, pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua pihak, yaitu antara peserta didik (warga belajar) dan pendidik (sumber belajar) yang melakukan kegiatan membelajarkan.
  • Menurut Rahil Mahyuddin, pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan keterampilan kognitif, yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
  • Menurut Corey, pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari pendidikan.
  • Menurut Achjar Chalil, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
  • Menurut Dimyati dan Mudjiono, pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar.
  • Menurut Corey, pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus.
  • Menurut Trianto, pembelajaran merupakan aspek kegiatan manusia yang kompleks, yang tidak sepenuhnya dapat dijelaskan. Pembelajaran secara simpel dapat diartikan sebagai produk interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman hidup. Pembelajaran dalam makna kompleks adalah usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarhkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangkan mencapai tujuan yang diharapkan.
  • Menurut Munif Chatib, pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian energi , pengertian sosialisasi , pengertian hardware , pengertian website , pengertian hubungan internasional , pengertian wirausaha , pengertian pembelajaran , pengertian iman , pengertian nilai , pengertian pers , pengertian sepak bola

Related Posts