Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sebelum mengarah ke pengertian wirausaha menurut para ahli, kita bahas secara harfiah terlebih dahulu. Dilihat dari segi etimologi, istilah wirausaha terbentuk dari kata wira dan usaha. Wira bisa diartikan sebagai pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berrani, dan berwatak agung. Sedangkan usaha bisa dimaknai dengan perbuatan amal atau berbuat sesuatu. Dalam bahasa Inggris wirausaha atau kewirausahaan disebut dengan entrepreneurship yang bermakna proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Wirausaha bisa juga dimaknai sebagai kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir dan bathin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui, dan berpengalaman untuk memacu kreativitas.

                Pengertian wirausaha atau kewirausahaan yang dikemukakan di atas akan semakin lengkap dan mudah dipahami bila kita juga mengetahui definisi menurut para pakar. Berikut ini adalah pengertian wirausaha menurut para ahli yang diambil dari berbagai sumber.

5

  • Menurut Peter F. Drucker, wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
  • Menurut Soeparman Spemahamidjaja, kewirausahaan adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.
  • Menurut Arif F. Hadipranata, wirausaha adalah sosok pengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan financial ataupun nonuang.
  • Menurut S. Wijandi, kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.
  • Menurut Thomas W. Zimmerer, kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
  • Menurut Richard Cantillon, kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment).
  • Menurut Kathleen, wirausaha adalah orang yang mengatur, menjalankan, dan menanggung risiko bagi pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya dalam dunia usaha.
  • Menurut Andrew J. Dubrin, wirausaha adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif.
  • Menurut Soeharto Prawiro, kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth).
  • Menurut Achmad Sanusi, kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.
  • Menurut Harvey Leibenstein, kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.
  • Menurut Penrose, kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas kewirausahaan.
  • Menurut Raymond, wirausaha adalah orang yang kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkanya untuk meningkatkan kesejahteraan diri masyarakat dan lingkungan.
  • Menurut Kasmir, wirausaha adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan.

Dari pengertian di atas kita bisa mengetahui bahwa menjalankan sebuah usaha pribadi atau wirausaha dibutuhkan kreativitas dan kerja keras. Memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan oleh siapapun.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian energi , pengertian sosialisasi , pengertian hardware , pengertian website , pengertian hubungan internasional , pengertian wirausaha , pengertian pembelajaran , pengertian iman , pengertian nilai , pengertian pers , pengertian sepak bola

Related Posts