Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian hardware menurut para ahli sudah semakin banyak karena perkembangan dunia teknologi komputer yang semakin canggih. Hardware atau disebut juga sebagai perangkat keras merupakan kebalikan dari software (perangkat lunak). Jika software adalah bagian dari komputer yang tidak bisa dilihat secara kasat mata, maka hardware adalah segala komponen fisik di komputer yang bisa dilihat bentuknya dan disentuh dengan tangan. Jenis hardware di komputer bisa berupa memori, hard disk, motherboard, mouse, keyboard, CPU, monitor, dan lain sebagainya. Masing-masing hardware tersebut memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda. Masing-masing memiliki tugas tersendiri yang saling berkaitan sehingga komputer bisa berproses sebagaimana mestinya.

                Di samping pengertian hardware menurut para ahli, telah dikatakan bahwa tiap hardware pada komputer memiliki fungsinya masing-masing. Ada hardware yang berfungsi sebagai alat input, alat proses, media penyimpanan data, dan juga alat output. Sebagai alat input, hardware berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, suara, atau gambar ke dalam komputer. Selain itu, alat input juga dapat berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode perintah ke dalam bahasa mesin, dan mengirimkan data tersebut ke storage. Perangkat keras yang termasuk alat input adalah keyboard, mouse, gamepad, joystick, scanner, touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon. Sebagai alat proses, hardware memroses segala perintah yang telah diberikan. Jenis hardware yang dimaksud adalah CPU. Sebagai media penyimpanan data, hardware menyimpan segala bentuk data yang telah diproses. Alatnya bisa berupa harddisk, CD/DVD, dan lain-lain. Sebagai alat output, hardware berfungsi untuk pengeluaran hasil proses. Alat-alatnya adalah monitor, speaker, printer, dan lain-lain.

2

                Perkembangan dunia teknologi komputer yang semakin canggih membuat banyak pakar teknologi bermunculan. Pakar-pakar tersebut mengemukakan pendapatnya mengenai definisi hardware. Berikut ini adalah pengertian hardware menurut para ahli.

  • Menurut Unarto, S. Kom., hardware adalah perangkat keras penyusun komputer. Hardware adalah perangkat pendukung EDPS (elektronic data processing system) yang dapat dirasakan dan disentuh.
  • Menurut Wijaya Ariyana & Deni Arifianto, hardware adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat dilihat dan diraba.
  • Menurut Yudha Yudhanto, Yunus Sulistyo, dan Dedi Gunawan, hardware adalah komponen pembentuk sebuah komputer secara fisik.
  • Menurut Ali Zaki, hardware merupakan bagian fisik dari komputer, termasuk sirkuit digital di dalam komputer.
  • Menurut Wahana Komputer, hardware adalah perangkat komputer yang terdiri atas susunan komponen-komponen elektronik berbentuk fisik (berupa benda).
  • Menurut Rachmad Hakim S., hardware merupakan perangkat keras, yaitu alat tambahan yang dapat dipasang ke dalam komputer.
  • Menurut R. Wilman dan Riyan, hardware merupakan serangkaian piranti elektronik yang tercompact pada ponsel yang berfungsi saling terkait piranti – piranti menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.
  • Menurut Raya Fahreza, hardware adalah merupakan bagian perangkat keras yang bekerja sesuai dengan instruksi software.
  • Menurut Joko Untoro, hardware adalah perangkat fisik berupa komputer beserta instrumen  pendukungnya

Berdasarkan pengertian-pengertian ahli tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa hardware lebih merujuk pada fisik komputer atau berupa benda. Benda-benda tersebut saling berkaitan untuk menunjang segala proses dalam penggunaan komputer.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian energi , pengertian sosialisasi , pengertian hardware , pengertian website , pengertian hubungan internasional , pengertian wirausaha , pengertian pembelajaran , pengertian iman , pengertian nilai , pengertian pers , pengertian sepak bola

Related Posts