Fungsi dan Tujuan Negara Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Tak bosan membahas pelajaran yang sudah lalu pembaca, kali ini penulis membahas tentang hal yang berhubungan dengan negara. Eits,, pembaca jangan malas dulu membaca kalimat barusan. Mungkin kita sudah jenuh membahas pelajaran yang ini-ini saja, tapi jika kita melupakannya dan suatu saat nanti kita dihadapakan dengan pertanyaan yang berhubungan dengan negara bagaimana kita menjawab nya? Pertanyaan itu bisa saja terlontarkan dari adik kita atau bahkan anak kita nanti yang akan  memberikan pertanyaan kritis sehingga mau tidak mau harus kita jawab agar kita terlihat pandai di depan mereka. Pembaca malu kan jika ditanya tentang hal yang berhubungan dengan  “negara” saja pembaca memberikan jawaban yang au,au,au J.  Kita tinggal dalam ruang lingkup “Negara” masa sih diberikan pertanyaan seputar fungsi dan tujuan negara menurut para ahli nya saja kita tidak tahu. Apa kata dunia?

Pembaca maasih ingat arti negara? Dalam kamus, yang dimaksud dengan negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, social, maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. Negara memiliki suatu system atau aturan yang dikatakan baku dan berlaku bagi semua individu yang ada di wilayah tersebut, berdiri secara independent. Untuk mendirikan suatu negara tidak semudah membalikan telapak tangan, harus ada syarat primer dan sekunder yang wajib dipenuhi. Syarat primer mendirikan suatu negara yaitu ; memiliki rakyat, wilayah dan kekuasaan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapatkan pengakuan dari negara lain. Pembaca sudah mengingat lagi kan tentang pengertian dan syarat berdiri nya suatu negara? Sekarang kita lanjut ke pembahasan inti, yaitu fungsi dan tujuan negara menurut para ahli nya. Jangan bosan membaca ya guys.

4

Tanpa harus membuka buku di pelajaran tahun lalu, setelah membaca pengertian negara dapatkah pembaca mendeskripsikan tentang fungsi dan tujuan negara menurut para ahli dan menurut sudut pandang pembaca? Menurut penulis negara merupakan suatu organisasi, dimana dalam suatu organisasi pasti memiliki seorang ketua dan pengarah agar kegiatan yang dilakukan tidak menyalahi aturan. Sama halnya dengan negara. Negara memiliki fungsi dan tujuan yang bersifat mengarahkan agar hal-hal yang terjadi tidak menyalahi aturan yang di tetapkan suatu negara tersebut. Itu tadi pandangan penulis yang berkaitan dengan fungsi dan tujuan negara, bagaimana dengan pandangan pembaca? Silahkan deskripsikan guys. Secara umum fungsi negara adalah untuk ; mengatur pendapatan negara dengan sebaik-baiknya dan mengatur dan menyelenggarakan pemerintahan. Dengan fungsi ini negara memiliki tujuan yang dikemukakan beberapa pendapat ahli di bawah ini ;

  1. Plato (Solly Lubis : 2007)

Tujuan negara adalah untuk memajukan kesusilaan manusia, baik individu maupun social

  1. Roger H. soltau : 2007

Tujuan negara adalah untuk mengungkap daya cita sebebas-bebasnya dan untuk mengembangkan rakyat

  1. Harold J. Laski : 1947

Tujuan negara adalah menciptakan keadaan dimana rakyat dapat mencapai keingingan-keinginannya secara maksimal

  1. Aristoteles (Solly Lubis : 2007)

Tujuan negara berhubungan dengan kesempurnaan warganya bedasarkan asas keadilan

  1. Socrates (Solly Lubis :2007)

Tujuan negara berkaitan dengan tugas negara menciptakan hokum yang harus dilakukan oleh para pemimpin atau para penguasa yang dipilah secara seksama oleh rakyat

  1. John locke (Deddy Ismatullah : 2007)

Tujuan negara adalah untuk memelihara dan menjamin terlaksananya hak-hak asasi manusia yang tertuang dalam perjanjian

  1. Niccollo Machiavelli (Deddy Ismatullah : 2007)

Tujuan negara adalah untuk mengusahakan terselenggaranya ketertiban, keamanan, dan ketentraman

  1. Thomas Aquinas (Deddy Ismatullah : 2007)

Tujuan negara berkaitan dengan tujuan manusia, menurut Thomas  negara memiliki tujuan yang luas yaitu memberikan dan menyelenggarakan kebahagiaan manusia untuk memberikan kemungkinan, agar dapat mencapai hidup tersusila yang abadi, yang harus disesuaikan dengan syarat agamanya.

  1. Benedictus Spinoza

Tujuan negara adalah menyelenggarakan perdamaian, ketentraman, dan menghilangkan ketakutan

Sudah jelas kan pembaca tentang fungsi dan tujuan negara menurut para ahli nya. Penulis berharap artikel kali ini memberikan manfaat tersendiri bagi para pembaca, penulis juga berharap pembahasan artikel kali ini membuka kembali pelajaran yang sempat dilupakan para pembaca dan semoga pembaca tidak lagi melupakannya.

Related Posts