Fungsi Kulit Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Kulit. Mengucapkan kata ini, apa yang terfikir? Siapa diantara kita sebagai manusia yang tidak berkulit? Agar lebih paham lebih dalam lagi tentang organ tubuh dalam tubuh kita, kita lanjutkan pembahasan lebih dalam tentang kulit dengan menitikberatkan pada fungsi kulit menurut para ahlinya.

Sebelum membahas ke fungsi, kulit memiliki pengertian sebagai lapisan pelindung terluar dari tubuh kita. Aktifitas yang kita lakukan setiap harinya (dari rangsangan mekanis, benturan, dsb) menyebabkan jutaan sel kulit rusak dan harus diperbaharui. Kulit terdiri dari lapisan Epidermis dan Dermis. Epidermis adalah lapisan luar dan Dermis adalah lapisan dalam, dalam dermis kulit terdapat akar rambut,kelenjar pembulu darah, dan serabut syaraf. Pengertian singkat tersebut akan mengarahkan kita ke pembahasan inti dalam artikel kali ini yang berjudul fungsi kulit menurut para ahlinya.

Membicarakan fungsi kulit menurut para ahlinya, para ahli kulit disini bisa dibilang sebagai dokter spesialis kulit, mengapa demikian? Karena belum ada teori terdahulu yang membahas tentang kulit menurut para ahli. kulit menjadi salah satu organ tubuh yang sangat vital dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena kulit menjadi pelindung organ dalam manusia, hal ini sesuai dengan pembahasan dari pengertian kulit pada alenia sebelumnya.

3

  1. Kulit berfungsi sebagai alat pelingung otot dan tulang. Otot dan tulang tanpa dilapisi kulit bisa dibayangkan kan?
  2. Kulit dilengkapi dengan reseptor yang peka/cepat tanggap terhadap berbagai rangsang. Adanya reseptor dalam kulit menjadikan kulit sebagai organ yang berfungsi sebagai indra peraba.
  3. Dalam kulit terdapat pangkal kelenjar keringat yang ada di bagian kulit dermis, kelenjar keringat ini berhubungan dengan kapiler darah sehingga dapat dikatakan kulit berfungsi sebagai alat ekresi (pengeluaran zat) berupa keringat dan minyak. Keringat yang dikeluarkan mengandung air dan garam serta sisa bahan lainnya yang sudah tidak terpakai.
  4. Keringat yang dikeluarkan manusia pada permukaan kulit akan menyerap panas tubuh sehingga suhu tubuh menjadi tetap dan stabil. Dalam hal ini kulit berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh.
  5. Kulit sebagai tempat pembentukan vitamin D. Mengapa demikian? Karena di dalam kulit terdapat provitamin D yang dapat diubah menjadi vitamin D, proses perubahan ini membutuhkan bantuan sinar ultraviolet matahari pada waktu pagi hari. Tahukaah fungsi vitamin D? vitamin D berfungsi dalam proses pembentukan tulang.
  6. Kulit berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan lemak. Apa fungsinya? Lemak yang ada dalam kulit dapat dibakar sehingga menghasilkan energy dan panas yang digunakan untuk mengatasi udara dingin. Fungsi ini berkaitan dengan fungsi tubuh sebagai pengatur suhu
  7. Kulit sebagai indra peraba. Maksudnya adalah saat kulit menerima rangsangan, rangsangan tersebut akan disampaikan ke otak, otak merupakan pusat informasi dalam tubuh sehingga saat rangsangan tersebut disampaikan ke otak kita dapat mengetahui apa yang kita sentuh atau apa yang menbyentuh kita.

Jadi mulailah merawat kulit kita karena kulit merupakan organ vital yang ada dalam tubuh kita. Sudahkah penulis membayangkan otot dan tulang kita tanpa dilapisi kulit? Jelas terlihat sangat mengerikan. Semoga artikel http://dilihatya.com/3820/fungsi-kulit-menurut-para-ahli menurut para ahli ini memberikan manfaat bagi pembaca.

Related Posts