Pengertian Kualitas Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Segala hal di dunia ini, baik yang abstrak maupun konkret, memiliki kualitas yang bisa dinilai oleh diri sendiri, orang lain, dan masyarakat. Bahkan ada pepatah yang menyatakan bahwa kualitas harus dimiliki, dijaga, dan ditingkatkan bila segala sesuatu ingin tetap eksis dalam persaingan. Kualitas memang memegang peranan penting dalam setiap kegiatan, situasi, kondisi, dan keadaan seseorang atau sesuatu. Bagi Anda yang masih belum begitu memahami mengenai kualitas, pengertian kualitas menurut para ahli bisa dijadikan bahan untuk pembelajaran. Mengingat peran kualitas yang sangat diperlukan dalam kehidupan. Tak hanya makhluk hidup yang memerlukan kualitas untuk bisa tetap berada di zona persaingan, benda mati, lembaga, perkantoran, organisasi, dan lain sebagainya juga membutuhkannya.

Memaknai istilah kualitas memang tidak bisa diuraikan dengan gamblang dan luwes karena kualitas bisa diartikan berbagai macam tergantung dari sisi mana seseorang menilainya. Kualitas tidak hanya menekankan pengertiannya dari segi hasil saja, melainkan juga dari segi persiapan dan prosesnya. Ada banyak sekali pengertian kualitas yang coba diuraikan oleh para pakar. Berikut ini adalah beberapa pengertian kualitas menurut para ahli tersebut.

6

  • Menurut Evans & Lindsay, kualitas adalah salah satu kunci keunggulan dalam bersaing atau kemampuan sebuah perusahaan untuk mencapai keunggulan pasar.
  • Menurut Goetsh & Davis, kualitas adalah kondisi dinamis yang berkaitan dengan produk, layanan, manusia, proses, lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan.
  • Menurut Iyung Pahan, kualitas adalah gambaran dan karakteristik barang atau jasa yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan hubungan yang ditentukan atau tersirat.
  • Menurut Harvard Business School, kualitas adalah salah satu hal penting bagi sebuah produk atau jasa. Kualitas juga sebagai salah satu dari tiga faktor penting yang memengaruhi konsumen ketika ingin membeli sebuah produk atau jasa.
  • Menurut Deming, kualitas adalah pertemuan kebutuhan dan harapan konsumen secara berkelanjutan atas biaya yang telah mereka keluarkan.
  • Menurut Philip Crosby, kualitas adalah kesesuaian sesuatu dengan yang diisyaratkan.
  • Menurut Juran, kualitas adalah kesesuaian yang digunakan, mencakup keistimewaan produk yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen dan terbebas dari defisiensi.
  • Menurut Elliot, kualitas adalah sesuatu yang berbeda untuk orang yang berbeda pula dan hal tersebut bergantung pada waktu dan tempat yang sesuai dengan tujuannya.
  • Menurut M. Suyanto, kualitas adalah ukuran baik tidaknya sebuah produk sesuai dengan kebutuhan spesifik pelanggan yang meliputi kualitas kinerja, kesesuaian, daya tahan, dan keandalannya.

Berdasarkan pengertian kualitas menurut para ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa kualitas meliputi elemen-elemen yang sama, yakni usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan, kondisi yang selalu berubah tergantung dari penilaian tiap orang, dan kualitas mencakup segala hal (produk, jasa, manusia, dan lingkungannya). Meski kualitas merupakan konsep yang cukup sulit untuk dipahami dan disepakati bersama, kenyataannya beberapa pengertian di atas bisa ditarik secara garis besar. Hal ini menandakan bahwa perbedaan uraian pengertian tersebut masih bisa dipandang dari sudut yang sama dan bisa menghasilkan pemahaman yang sama pula.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian vitamin , pengertian radio , pengertian muamalah , pengertian konsumsi , pengertian gunung , pengertian estetika , pengertian kualitas , pengertian wan , pengertian gen , pengertian wireless , pengertian e-learning

Related Posts