Pengertian Konsumsi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Konsumi merupakan kegiatan yang selalu dilakukan oleh manusia dalam setiap detik dalam setiap harinya. Tak ada manusia yang bisa berhenti dari kegiatan konsumsi karena kebutuhan yang tidak pernah berhenti pula. Apalagi manusia dikenal sebagai makhluk yang tidak mudah puas dengan apa yang sudah dimiliki atau didapatnya. Konsumsi menjadi salah satu hal yang wajib dan harus dilakukan untuk menjalankan peran manusia sebagai makhluk sosial. Lalu, apa sebenarnya konsumsi itu? Apa pula pengertian konsumsi menurut para ahli? Peran konsumsi yang sangat penting dalam kehidupan mengharuskan kita mengenal dan memahami konsep konsumsi dengan benar dan jelas.

Istilah konsumsi berasal dari bahasa belanda, yakni comsumptie yang bermakna suatu kegiatan untuk menghabiskan daya guna suatu barang atau jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan diri. Pengertian lain menyebutkan bahwa konsumsi adalah suatu proses menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya agar mendapatkan kepuasan. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi di masyarakat, baik untuk dirinya sendiri, keluarga, orang lain, atau masyarakat luas disebut dengan konsumen. Dalam setiap proses konsumsi, ada hal yang harus diperhaitkan oleh konsumen, yakni ketersediaan barang dan jasa yang dibutuhkan dan juga alat tukar yang digunakan. Sejauh ini alat tukar yang umum digunakan adalah uang, tetapi bukan tidak mungkin ada proses transaksi yang menggunakan alat tukar selain uang.

3

Selain pengertian di atas, ada pula pengertian konsumsi menurut para ahli. Kebiasaan masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi tanpa henti dan tak kenal rasa puas membuat banyak ahli tertarik untuk menelitinya. Berikut adalah definisi-definisi tersebut.

  • Menurut Braudrillard, konsumsi adalah sistem yang menjalankan urutan tanda-tanda dan penyatuan kelompok. Jadi, proses konsumsi dianggap sebagai sebuah sistem ideologi dan komunikasi serta struktur pertukaran.
  • Menurut Chaney, konsumsi adalah seluruh aktivitas sosial yang dilakukan agar dapat digunakan untuk mengenal manusia, selain kebiasaan lain yang manusia lakukan untuk hidup. Chaney juga menambahkan bahwa konsumsi telah menjadi fokus utama dalam kehidupan sosial dan telah menjadi budaya bagi konsumen.
  • Menurut cara pandang Durkemian, konsumsi adalah sebuah perilaku aktif dan kolektif karena berupa sebuah paksaan, moral, dan institusi. Konsumis dianggap sebagai keseluruhan nilai yang merupakan implikasi fungsi integrasi kelompok dan kontrol sosial.

Besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh masyarakat bisa terjadi karena dua faktor, yakni faktor ekonomi dan faktor non-ekonomi. Kedua faktor tersebut masih bisa dijabarkan lagi sesuai dengan pengklasifikasiannya. Faktor ekonomi terdiri atas tingkat pendapatan, kebutuhan, jumlah barang, tingkat bunga, perkiraan masa depan, kebijakan pemerintah untuk mengurangi ketimpangan distribusi pendapatan, dan harga barang. Sedangkan faktor non-ekonomi terdiri atas kebiasaan masyarakat di sekitarnya, tingkat pendidikan, mode atau tren yang sedang diminati, dan jumlah penduduk. Masing-masing faktor tersebut memiliki pengaruh yang berbeda pada besar kecilnya konsumsi yang dilakukan oleh konsumen. Yang perlu diperhatikan adalah kegiatan konsumsi sebaiknya dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dari setiap orang, bukan dari apa yang menjadi keinginan mereka. Pengertian konsumsi menurut para ahli juga menjelaskan hal tersebut bahwa konsumsi adalah tingkat pemenuhan kebutuhan, bukan keinginan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian vitamin , pengertian radio , pengertian muamalah , pengertian konsumsi , pengertian gunung , pengertian estetika , pengertian kualitas , pengertian wan , pengertian gen , pengertian wireless , pengertian e-learning

Related Posts