Pengertian Wireless Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Bidang teknologi dan komunikasi merupakan salah satu bidang dengan perkembangan yang cukup pesat dan terus menerus bertumbuh dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah teknologi komputer dan sejenisnya yang terus menancapkan kiprahnya di dunia industri teknologi. Hal tersebut juga diiringi dengan berbagai fasilitas pendukung yang bisa digunakan oleh pemiliknya untuk mengoneksikan komputer tersebut ke jaringan internet. Sebenarnya telah banyak jaringan LAN atau WAN yang terhubung di komputer, tetapi karena kurang fleksibel maka pengguna membutuhkan jaringan tanpa kabel yang disebut dengan wireless. Apa itu wireless? Apa pula pengertian wireless menurut para ahli?

Wireless adalah sebuah jaringan tanpa kabel yang memanfaatkan udara sebagai media transmisinya untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik. Keberadaan wireless memang sudah ada sejak dulu dan telah banyak ilmuwan yang menelitinya dengan penemuan radio dan radar. Seiring perkembangan zaman, wireless semakin dibutuhkan dan semakin meluas tidak hanya untuk radio dan radar saja. Teknologi wireless ini diminati oleh banyak pengguna karena memiliki banyak kelebihan, yakni biaya yang murah, pembangunannya yang mudah, dan mampu mencakup wilayah geografis yang sangat luas bahkan daerah pedesaan dan pedalaman pun bisa dijangkau.

9

Saat ini, wireless tak hanya digunakan dalam perangkat komputer saja, tetapi juga bisa dipakai di berbagai perangkat canggih lainnya. Pengertian wireless menurut para ahli pun mengungkapkan hal tersebut. Berikut ini adalah macam-macam perangkat yang bisa dikoneksikan dengan jaringan tanpa kabel atau wireless. Pertama, telepon selular dan radio panggil (pager). Kedua, GPRS untuk navigasi pengguna lalulintas, biasanya terpasang di modil, pesawat, kapal, dan sebagainya. Ketiga, alat-alat komputer tanpa kabel, misal mouse dan keyboard. Keempat, telepon cordless yang biasa dipakai untuk perusahaan telekomunikasi. Kelima, remote control untuk mengendalikan perlatan dari jarak jauh. Keenam, satelit televisi yang sudah terkenal bisa memberikan layanan siaran bagi penonton. Ketujuh, wireless LAN dengan memanfaatkan udara sebagai media transmisinya.

Setiap jaringan internet yang dibuat pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, termasuk dengan wireless. Kelebihan dan kelemahan media transmisi wireless adalah sebagai berikut.

Kelebihan

  • Biaya pemeliharaan yang murah.
  • Infrastruktur dimensi yang kecil.
  • Akses koneksi internet 24 jam dengan cepat dan bebas pulsa telepon.

Kekurangan

  • Biaya peralatannya lumayan mahal.
  • Delay cukup besar.
  • Terdapat keterbatasan kapasitas jaringan.
  • Tidak bisa merahasiakan dan mengamankan data.

Jaringan nirkabel atau tanpa kabel ini memiliki berbagai macam manfaat, yakni salah satunya adalah kantor portable. Dengan menggunakan kantor portable ini, Anda yang akan melakukan perjalanan jarak jauh dan membutuhkan koneksi internet tetap bisa mendapatkannya. Hal ini yang membuat wireless lebih disukai daripada jaringan internet dengan menggunakan kabel. Namun, ada juga yang membuat jaringan ini menjadi agak menjengkelkan, yakni sinyal yang terputus-putus karena adanya benda di antara pengirim dan penerima sehingga sinyal menjadi terhalang. Pengertian wireless menurut para ahli memang bisa dikaji dari berbagai sudut pandang dan dikupas menjadi unit-unit ilmu yang lebih terperinci. Wireless akan terus berkembang dan enjadi semakin canggih sehingga bukan tidak mungkin bahwa segala kelemahan tersebut akan hilang.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian vitamin , pengertian radio , pengertian muamalah , pengertian konsumsi , pengertian gunung , pengertian estetika , pengertian kualitas , pengertian wan , pengertian gen , pengertian wireless , pengertian e-learning

Related Posts