Pengertian Gen Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Pernahkah Anda mendengar istilah “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya”? Maksud istilah tersebut adalah anak akan mewarisi segala hal yang dimiliki oleh orang tuanya. Nah, proses pewarisan tersebut dinamakan dengan gen. Lalu, seperti itukah pula pengertian gen menurut para ahli? Gen merupakan hal yang dibahas dalam ilmu Biologi, mempelajari tentang suatu partikel yang bisa diturunkan dari satu makhluk ke makhluk lainnya melalui proses reproduksi. Istilah gen berasal dari bahasa Belanda yang bermakna unit pewarisan sifat bagi organisme hidup, bisa berupa manusia, hewan, atau tumbuhan.

Gen dikenal sebagai salah satu unsur pembentuk makhluk hidup yang membawa sifat induknya. Selain bersifat sebagai partikel pembawa sifat keturunan, gen juga dikenal dapat menduplikasi dirinya melalui proses pembelahan sel. Struktur gen atau pembawa sifat keturunan ini terdiri atas dua bagian, yakni DNA dan RNA. Bentuk fisik dari gen adalah urutan DNA yang menyandi suatu protein dan polipeptida. Bisa juga disebut sebagai seuntai RNA yang berfungsi bagi organisme yang memilikinya. Gen diwariskan oleh individu satu ke individu lainnya melalui proses reproduksi yang masuk bersama-sama dengan DNA yang membawanya.

8

Pengertian gen menurut para ahli, khususnya ahli ilmu Biologi, telah banyak diungkapkan. Tak sedikit penelitian yang dilakukan untuk mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan gen. berikut adalah definisi-definisi tersebut.

  • Menurut Thomas Hunt Morgan, gen adalah materi yang kompak dan mengandung satuan informasi genetic yang mengatur sifat menurun, memenuhi lokus suatu kromosom. Gen bisa mengatur berbagam macam karakter manusi, baik fisik maupun psikis.
  • Menurut Gergor Mendel, gen adalah bahan yang berhubungan dengan sifat atau karakter yang ada di dalam tubuh makhluk hidup dan dapat diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.
  • Menurut Wilhelm Johansen, gen adalah unit terkecil dari makhluk hidup yang mengandung substansi hereditas dan terdapat di dalam lokus gen. gen terbentuk dari proten dan asam nukleat yang berukuran 4 – 8 mikron.

Di dalam ilmu yang mengkaji mengenai gen terdapat istilah mutasi gen, yakni proses perubahan struktur DNA dan RNA. Proses ini terjadi pada taraf urutan gen yang disebut dengan mutasi titik dan taraf kromosom. Proses mutasi gen menjadi penyebab dasar timbulnya variasi-variasi gen baru pada suatu spesies. Mutan adalah sebutan bagi individu atau spesies yang mengalami perubahan sifat sebagai akibat dari proses mutasi gen. Mutasi gen bisa dibagi menjadi dua, yakni berdasarkan sel yang bermutasi dan berdasarkan bagian yang bermutasi. Proses mutasi gen berdasarkan sel yang bermutasi bisa dibagi lagi menjadi dua, yakni mutasi gen somatik (terjadi pada sel tubuh) dan mutasi gen gametik (terjadi pada sel organ reproduksi, yakni sperma dan ovum). Proses mutas gen berdasarkan bagian yang bermutasi dibagi menjadi dua pula, yakni mutasi titik (perubahan pada unsur basa N dari DNA atau RNA) dan mutasi kromosom (perubahan jumlah kromosom di dalam kromosom). Penjelasan mengenai mutasi gen tersebut juga dipaparkan dalam pengertian gen menurut para ahli.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian vitamin , pengertian radio , pengertian muamalah , pengertian konsumsi , pengertian gunung , pengertian estetika , pengertian kualitas , pengertian wan , pengertian gen , pengertian wireless , pengertian e-learning

Related Posts