Pengertian Muamalah Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah muamalah atau biasa juga dikenal dengan muamalat adalah istilah yang berkaitan dengan hukum-hukum Islam. Istilah ini menjadi popular di kalangan masyarakat karena sekarang banyak muncul lembaga-lembaga perekonomian, perbankan, dan bisnis syariah yang berpedoman pada muamalah. Namun, apa arti dari istilah muamalah itu sendiri? Tentunya pengertian muamalah menurut para ahli juga bisa menjadi salah satu pendukung untuk mengartikannya dengan lengkap dan mudah untuk dipahami. Dalam Islam, muamalah juga bisa dimaknai menurut Ilmu Fikih. Bahkan ada pula istilah Fikih Muamalah dalam salah satu kajian ilmu di dalam agama Islam. Menandakan bahwa keduanya saling berkaitan.

                Secara bahasa, muamalah berasal dari kata aamala, yuamilu, atau muamalat yang bermakna perilaku terhadap orang lain karena ada hubungan kepentingan. Menurut Ilmu Fikih, muamalah adalah kegiatan saling tukar barang atau jasa yang bisa memberikan manfaat satu sama lain dengan cara tertentu yang sudah disepakati sebelumnya. Pengertian muamalah secara luas bisa disampaikan sebagai segala amcama peraturan yang mengatur hubungan antar sesama manusia, antara manusia dengan kehidupannya, dan antara manusia dengan lingkungan di sekitarnya. Itu sebabnya hakikat dan konsep mengenai muamalah tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang selalu berhubungan dengan sesama dan segala hal yang ada di sekelilingnya.

2

                Pengertian muamalah menurut para ahli disampaikan oleh para pakar yang tentunya berhubungan dengan ajaran agama Islam. Beberapa pengertian tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menurut Louis Ma’luf, muamalah adalah hukum-hukum syara’ yang berkenaan dengan urusan dunawi dan kehidupan manusia yang meliputi jual beli, perdagangan, dan lain-lain.
  • Menurut Al-Dimyati, muamalah adalah menghasilkan duniawi agar menjadi sebab suksesnya ukhrawi.
  • Menurut Ust. Rasyid Ridho, muamalah adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa dengan aturan yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Menurut Hudlari, muamalah adalah semua akad yang memperbolehkan manusia untuk saling tukar manfaat.
  • Menurut Muhammad Yusuf Musa, muamalah adalah peraturan-peraturan Allah SWT yang harus diikuti dan ditaati dalam kehidupan bermasyarakat dengan tujuan untuk menjaga kepentingan manusia.
  • Menurut Ahmad Ibrahim Bek, muamalah adalah peraturan tentang segala hal yang berhubungan dengan urusan dunia dan semua hal mengenai kebendaan, perkawinan, dan talak yang telah ditetapkan atas dasar-dasar secara umum dan terperinci untuk dijadikan petunjuk bagi manusia dalam bertukar manfaat.
  • Menurut Idris Ahmad, muamalah adalah aturan Allah SWT yang paling baik dipakai dalam memenuhi segala keperluan jasmaniah antara manusia dengan manusia yang lainnya.

                Semua ahli sepakat bahwa dalam melaksanakan segala macam bentuk transaksi ekonomi, landasan agama menjadi salah satu faktor yang harus diikutsertakan. Hal tersebut jelas-jelas termuat dalam pengertian muamalah menurut para ahli yang disampaikan di atas. Landasan agama bisa menjadi filter agar proses transaksi bisa berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya kecurangan sedikit pun. Menjalankan sebuah transaksi ekonomi tidak hanya mengejar keuntungan semata, melainkan juga berkah yang bisa dipetik dari prosesnya. Untuk itulah, hakikat dan konsep muamalah ini bisa dijadikan salah satu pegangan agar bisa menjalani segala proses dalam bidang perekonomian dengan lebih baik, jujur, hasanah, dan menjauhkan pelakunya dari hal-hal yang tercela.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian vitamin , pengertian radio , pengertian muamalah , pengertian konsumsi , pengertian gunung , pengertian estetika , pengertian kualitas , pengertian wan , pengertian gen , pengertian wireless , pengertian e-learning

Related Posts