Inilah Buah Penambah Darah

 Kesehatan

Menderita kurang darah sangat tidak mengenakkan karena terasa pusing, mual, dan lemas. Ada banyak cara agar penderita anemia (kurang darah) bisa mendapat asupan darah untuk mencukupi kebutuhan badannya, salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan zat besi, yakni buah-buahan. Dari berbagai jenis buah-buahan di seluruh dunia, inilah buah penambah darah yang banyak terdaoat di sekitar kita dan sayangnya tak banyak yang tahu manfaat luar biasanya. Buah-buahan ini bukan tergolong buah mahal dan sangat mudah ditemui di pasaran, bahkan beberapa di antaranya bisa didapat di pekarangan rumah Anda. Ada yang berbuah sepanjang tahun dan ada juga yang berbuah musiman.

Buah telah lama dikenal sebagai makanan penyempurna dalam menu makanan setiap hari. buah diusahakan selalu ada dan bisa dikonsumsi setelah Anda menyantap makanan dan minum susu. Dari kebiasaan tersebut sudah bisa dipastikan bahwa buah juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu peranan buah adalah membantu mengatasi masalah anemia atau kurang darah. Beberapa buah memang bisa menjadi penambah darah yang alami dan menyehatkan tanpa efek samping. Bagi Anda penderita anemia bisa mencoba mengonsumsi beberapa jenis buah di bawah ini untuk menyembuhkan keluhan anemia Anda.

9

Dan inilah buah penambah darah yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan keluhan anemia karena kekurangan zat besi.

  • Melon

Buah melon merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Vitamin A mampu meningkatkan kinerja zat besi dalam meningkatkan hemoglobin. Selain vitamin A, melon juga mengandung kadar air yang sangat tinggi, yakni mencapai 90%. Kandungan air tersebut mampu memberikan rasa segar dan menenangkan di perut sehingga Anda akan terhindar dari rasa mual akibat kekurangan darah.

  • Alpukat

Buah dengan rasa kegit dan daging sangat lembut ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga sangat baik bagi penderita anemia. Kandungan lemak tak jenuhnya sangat baik bagi tubuh sehingga aman bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  • Kurma

Buah yang terkenal pada bulan Ramadhan ini juga mampu menyembuhkan penyakit kurang darah karena mengandung vitamin B kompleks yang lengkap. Vitamin B kompleks ini mampu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Di dalam kurma juga terkandung gula sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh menjadi energi sehingga bisa mengatasi rasa lelah dan lemas pada penderita anemia.

  • Apel

Buah popular memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap dan kaya akan kandungan zat besi. Zat besi tersebut dapat meningkatkan hemoglobin dalam darah.

  • Jeruk

Sudah bukan rahasia lagi bahwa jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C. Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, jeruk mampu melancarkan peredaran darah dan kandungan zat besinya mampu membantu pembentukan sel darah merah.

Selain buah-buah yang telah disebutkan di atas, inilah buah penambah darah lainnya yang bisa dijadikan pilihan. Buah yang dimaksud adalah semangka, mangga, delima, anggur, dan cerry. Buah-buah tersebut memiliki kandungan yang sama dengan buah-buah di atas, yakni vitamin A, vitamin B kompleks, zat besi, dan berbagai nutrisi lainnya untuk menambah darah.

Related Posts