Ini Dia Manfaat dan Khasiat Buah Kecapi

 Kesehatan

Buah kecapi dulunya menjadi buah popular, dikonsumsi oleh siapapun. Namun, kini kecapi sudah jarang ditemui, bahkan pohonnya pun sudah jarang tumbuh. Popularitasnya sudah kalah dengan buah-buahan impor dan berbagai buah temuan baru. Buah kecapi adalah buah yang berasal dari Semenanjung Malaka yang kemudian menyebar sampai ke Indonesia. Secara fisik buah ini mirip dengan buah duku, hanya saja buah kecapi memiliki ukuran sedikit lebih besar. Pohon buahnya pun mirip dengan pohon buah duku. Buah kecapi banyak diminati karena manfaatnya yang sangat beragam. Ini dia manfaat dan khasiat buah kecapi akan dibahas lengkap dalam artikel ini.

Buah kecapi memiliki nama ilmiah Sandoricum Koetjapi Merr dan di Indonesia memiliki nama laen sentul atau ketuat. Buah kecapi berbentuk bulat pipih dengan ukuran diameter 5 – 6 cm, kulitnya berwarna kuning keemasan, dan memiliki bulu-bulu halus. Buah ini memiliki daging buah bagian luar yang agak tebal dan berwarna merah dengan rasa yang masam, sedangkan daging bagian dalam berwarna putih dengan rasa masam hingga manis. Buah kecapi agak susah dibuka karena kulitnya yang sangat keras, bahkan cara membukanya sampai dijepitkan ke pintu. Namun, di balik susahnya membuka buah kecapi, banyak terkandung nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Di dalam buah kecapi terkandung vitamin C, karbohidrat, kalsium, serat, lemak, protein, abu, kalium, fosfor, zat besi, kalori, dan air.

6

Ini dia manfaat dan khasiat buah kecapi yang didapat dari berbagai jenis kandungan gizi di atas. Berikut ini adalah uraian lengkapnya.

  • Akar pohon kecapi bisa dijadikan obat diare, sakit perut, perut kejanh, membantu mengeluarkan angin di dalam perut, dan mengembalikan stamina wanita setelah melahirkan.
  • Serbuk dari kulit batang pohon kecapi bermanfaat untuk mengobati cacingan dan kayunya bisa digunakan sebagai bahan baku di mebel.
  • Daun kecapi yang masih segar bisa dimanfaatkan sebagai peluruh biang keringat. Rebusan daun kecapi bermanfaat untuk obat pereda demam. Manfaat yang lebih menakjubkan adalah daun buah kecapi bisa dipakai untuk obat pencuci darah alami.
  • Buah kecapi kaya akan zat polifenol yang dapat berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, juga bisa sebagai pencegah Alzheimer atau kepikunan dini.

Buah kecapi bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti manisan, selai, jelly marmalade, chutney, dan pengharum alami. Semuanya membuat keberadaan kecapi semakin diminati dan disukai banyak orang. Memang tidak semua orang menyukai rasa buah kecapi yang sangat masam sehingga banyak yang mengolahnya kembali, yang paling popular adalah diolah menjadi manisan. Ini dia manfaat dan khasiat buah kecapi memang tidak bisa dianggap remeh. Meski buah ini tergolong buah yang murah, tetapi khasiatnya tak bisa dibilang murah. Anda bisa membuktikannya dengan mencoba beragam manfaat di atas. Manfaat dari kecapi tidak hanya bisa didapat dari buahnya saja, melainkan juga dari akar, daun, batang, bahkan serbuk kayunya juga bisa dimanfaatkan. Sungguh luar biasa manfaat dari buah kecapi ini.

Related Posts